10 Buah Penambah Darah, Rasanya Enak dan Menyehatkan/pexels
Health

10 Buah Penambah Darah, Rasanya Enak dan Menyehatkan

Nuraini
Jumat, 19 Mei 2023 - 18:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat kekurangan darah, biasanya kita akan langsung mengkonsumsi obat kimia. Daripada mengandalkan obat-obatan kimia, banyak orang saat ini beralih ke metode alami untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Salah satu contohnya dengan mengonsumsi buah penambah darah.

Buah-buahan yang kaya nutrisi sangat penting untuk kesehatan, termasuk dalam memelihara sel-sel darah merah dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Berikut beberapa buah penambah darah paling efektif yang bisa Anda tambahkan ke dalam pola makan sehari-hari.

Kumpulan Buah Penambah Darah Paling Cepat

Meningkatkan kadar darah dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah atau jus buah penambah darah. Berikut kumpulan buah penambah darah paling cepat yang dapat Anda konsumsi:

1. Jambu biji

Buah penambah darah yang pertama yakni ada pada jambu biji. Jambu biji merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Buah ini sangat baik untuk meningkatkan kadar darah karena kandungan zat besi, vitamin A dan C, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi.

Zat besi pada jambu biji berperan penting dalam membantu tubuh menghasilkan sel darah merah baru dan meningkatkan kadar hemoglobin. Jambu biji juga mudah diolah dalam berbagai bentuk, seperti dimakan langsung atau dijadikan jus, sehingga memudahkan konsumsi sehari-hari.

2. Pisang

Pisang adalah salah satu buah penambah darah rendah yang kaya akan kandungan folat. Kandungan 24 mikrogram folat dalam 1 buah pisang berukuran sedang berguna untuk membentuk sel darah merah dalam tubuh dan mengatasi anemia. Selain itu, kandungan vitamin C dalam pisang dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

3. Tomat

Tomat merupakan buah penambah darah lainnya yang juga kaya akan kandungan vitamin C. Dalam 1 buah tomat berukuran sedang terkandung sekitar 20% kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan untuk menurunkan risiko anemia akibat kekurangan zat besi. Tomat juga mengandung folat yang menjadikan buah ini sebagai salah satu buah penambah darah.

4. Kurma

Kurma tidak hanya berfungsi sebagai pengganti gula yang alami, tetapi juga telah terbukti sebagai salah satu buah yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dan berguna untuk penderita anemia. Kandungan zat besi di dalam kurma dibutuhkan dalam produksi sel darah merah dan pengobatan anemia.

5. Delima

Kandungan nutrisi penting dalam buah delima termasuk zat besi, vitamin C, dan folat sangat berguna untuk mengatasi anemia pada tubuh. Mengonsumsi buah penambah darah ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh serta mengoptimalkan penyerapan zat besi.

Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah masa yang penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah asupan gizi yang cukup, termasuk penambah darah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Namun, tidak semua buah aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini beberapa kumpulan buah penambah darah yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

1. Pepaya

Salah satu opsi buah yang dapat meningkatkan kadar darah pada ibu hamil adalah pepaya. Kandungan vitamin C dalam pepaya sebesar 78 miligram sangat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain itu, pepaya juga mengandung folat sebanyak 38 mikrogram yang diperlukan dalam produksi sel darah merah, sehingga baik untuk mencegah anemia selama kehamilan.

2. Mangga

Mangga dapat dijadikan sebagai buah penambah darah untuk ibu hamil. Kandungan zat besi dalam mangga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Mangga juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga produksi sel darah merah dapat meningkat.

3. Alpukat

Alpukat bukan hanya enak untuk dimakan, tetapi juga mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, termasuk sebagai buah penambah darah untuk ibu hamil. Nutrisi penting yang terkandung dalam alpukat, yaitu folat dan vitamin C, sangat baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

4. Jeruk

Mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia pada ibu hamil. Vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi dalam tubuh.

5. Buah Naga Merah

Buah naga merah terbukti efektif dalam meningkatkan kadar hemoglobin pada ibu hamil. Buah ini mengandung asam folat dan vitamin C yang penting dalam produksi sel darah merah, sehingga dapat mencegah anemia pada ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro