Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Tengah, Dijamin Enak/freepik
Kuliner

8 Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Tengah, Dijamin Enak

Nuraini
Jumat, 19 Mei 2023 - 15:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu provinsi di Pulau Kalimantan yaitu Kalimantan Tengah dengan ibu kota Palangkaraya. Kalimantan Tengah terkenal dengan potensi perikanannya yang sangat besar, terutama perikanan air tawar. Hal ini menjadikan makanan khas Kalimantan Tengah banyak yang terbuat dari ikan dan hasil laut lainnya. 

Jika Anda berkunjung ke Palangkaraya atau daerah Kalimantan Tengah lainnya, berikut ini beberapa rekomendasi makanan dari Kalimantan Tengah yang wajib dicicipi. 

Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Tengah

1. Wadi patin

Wadi patin harus masuk ke dalam daftar makanan khas Kalimantan Tengah yang wajib Anda coba. Wadi patin terbuat dari ikan patin yang sudah difermentasi sehingga menghasilkan cita rasa asin dan asam yang khas dan menggoda. Kemudian, dimasak dengan cara digoreng ataupun dikukus. 

Makanan Kalimantan Tengah ini bisa bertahan dalam waktu yang lama karena sudah melalui melalui proses fermentasi. Maka dari itu, wadi patin bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Bisa juga dibeli dan langsung dimakan dengan tambahkan nasi hangat dan sambal terasi. 

2. Ikan bakar

Ikan yang ditemukan di Kalimantan memiliki ukuran yang lebih besar daripada di Jawa. Ikan bakar Kalimantan berasal dari sungai. Anda dapat dengan mudah menemukan ikan bakar bila berkunjung ke Kalimantan Tengah. 

3. Juhu umbut rotan

Tidak hanya ikan saja, Kepulauan Kalimantan juga didominasi oleh hutan tropis sehingga makanan Kalimantan Tengah mendapatkan pengaruh besar. Salah satu hasil alam di hutan yakni rebung. Di Kalimantan Tengah, tepatnya di Palangkaraya, terdapat makanan sejenis rebung yang bernama juhu umbut rotan.

Pembuatan juhu umbut rotan cukup panjang dimulai dari menghilangkan duri yang mengitari batang rotan, memotongnya kecil-kecil, dan memberi bumbu rempah tertentu. Bisa dimasak dengan santan ataupun tidak. Juhu umbut rotan biasa disajikan bersama dengan ikan patin atau nila bakar. 

4. Lemang

Selanjutnya, makanan khas Kalimantan Tengah yang wajib dicoba adalah lemang. Lemang merupakan sejenis lontong dengan bahan dasar beras ketan. Cara memasaknya cukup unik yakni beras ketan digulung dengan menggunakan daun pisang dan dimasukkan ke dalam seruas bambu untuk dibakar. Aromanya yang wangi dan cita rasanya yang gurih menjadi daya tarik dari lemang. 

5. Kue gagatas

Kue gagatas menjadi makanan tradisional Kalimantan Tengah yang terbuat dari campuran tepung ketan dan kelapa parut yang digoreng dan dilapisi dengan gula. Perpaduan cita rasa gurih dan manisnya cocok dimakan sebagai teman minum kopi atau di sore hari.  

6. Kenta

Makanan khas Kalimantan Tengah yang satu ini terbuat dari ketan padi yang disangrai dan ditumbuk. Kenta disajikan bersama dengan parutan kelapa, air kelapa muda, dan gula yang menghadirkan rasa manis dan gurih. Cocok disantap bersama dengan es kelapa muda di siang hari yang panas. 

7. Terong mapui

Terong mapui terbuat dari bahan dasar terong ungu berukuran besar. Terong dibakar hingga kulit dan dagingnya matang dan lembek. Kemudian, terong dibalut dengan bumbu yang terbuat dari cabai rawit, terasi, dan garam. 

Makanan daerah Kalimantan Tengah yang satu ini biasanya menjadi hidangan pendamping dari nasi hangat dan ikan bakar. Rasanya yang pedas, manis, dan asam berpadu sehingga menambah kenikmatan ketika memakan nasi ikan bakar. 

8. Hintalu karuang

Makanan khas Kalimantan Tengah yang terakhir adalah hintalu karuang. Hintalu dalam bahasa Banjar artinya telur dan karuang berarti kelelawar. Jangan salah sangka, makanan Kalimantan Tengah ini tidak terbuat dari telur kelelawar sungguhan, melainkan hanya bentuknya yang mirip dengan telur kelelawar yang bulat-bulat kecil. 

Kalau di Jawa, tampilannya mirip dengan biji salak. Makanan ini terbuat dari tepung ketan. Biasanya disajikan sebagai menu buka puasa karena rasanya yang manis sebab berasal dari kuahnya yang terbuat dari campuran santan dan gula merah. 

Demikian delapan rekomendasi makanan khas Kalimantan Tengah yang dijamin enak dan sayang untuk dilewatkan kalau Anda berkunjung kesana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro