Suasana pameran Thaifex – Anuga Asia 2023. /Dok. Bisnis-Yustinus Andri
Kuliner

Menjelajah Surga Inspirasi Bisnis Makanan di Thailand Lewat Thaifex 2023

Yustinus Andri DP
Selasa, 23 Mei 2023 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, BANGKOK – Bagi Anda yang ingin memulai bisnis di sektor makanan dan minuman dengan menu yang berasal dari mancanegara, maka Thaifex – Anuga Asia boleh menjadi salah satu jawabannya.

Adapun, Thaifex – Anuga Asia merupakan ajang pameran internasional yang digelar tiap tahun di Thailand. Menggambil lokasi di Impact Muang Thong Thani di Bangkok, Thailand pada 23-27 Mei 2023, pameran yang diinisiasi oleh Departemen Promosi Perdagangan Internasional Thailand, Kamar Dagang Thailand, dan Koelnmesse ini, menampilkan ribuan peserta pameran dari berbagai negara.

Diklaim sebagai salah satu pameran dagang terbesar di Asia, Thaifex – Anuga Asia 2023 menampilkan sebanyak 1.925 peserta pameran yang berasal dari 43 negara. Selain Thailand, lima negara yang ikut serta menjadi peserta dengan status top five exhibition international countries adalah China, Korea Selatan, Malaysia, Vietnam, dan Turki.

Beragam jenis makanan dari berbagai belahan dunia dipamerkan di dalam Thaifex – Anuga Asia 2023 yang mengambil ruang pameran seluas 130.000 meter persegi. Pameran dagang ini juga turut menyediakan 11 ruang pameran dengan sejumlah tema khusus.

Selain menyediakan ruang bagi pengunjung untuk menjajal berbagai jenis makanan dari para peserta pameran, para calon mitra atau buyers juga diberikan kesempatan untuk melakukan negosiasi dan kesepakatan dagang di tempat.

Adapun, bagi Anda yang ingin secara khusus mengeksplorasi jenis makanan dan minuman asal Thailand untuk dibawa ke Indonesia, maka agenda Thaifex- Anuga Asia patut diperhitungkan untuk dikunjungi. Sebab, terdapat sebanyak 900 merek dagang makanan dan minuman yang berasal dari Thailand yang ikut serta dalam pameran kali ini

“Thaifex - Anuga Asia memamerkan warisan kuliner Thailand yang kaya, produk-produk berkualitas tinggi, dan menawarkan pintu gerbang bagi pemain global untuk mengakses pasar kami yang semarak,” kata Khun Phusit Ratanakul Sereroengrit, Direktur Jenderal Departemen Promosi Perdagangan Internasional Thailand, Selasa (23/5/2023).

Adapun, Thaifex – Anuga Asia 2023 tahun ini menyelengarakan sejumlah agenda yang dapat dinikmati dan dimanfaatkan para pengunjung.

Pertama, Thaifex – Anuga Future Food Market yang menghadirkan terobosan makanan dan minuman baru dan sedang berkembang di segmen-segmen seperti produk alternatif atau berkelanjutan, nutrisi baru, dan proses yang ditingkatkan teknologi.

Pengunjung dapat mencicipi produk yang dipajang, merasakan produk yang mungkin dimiliki supermarket masa depan, dan terhubung dengan profesional industri dan penggemar makanan untuk menemukan dan mempelajari perkembangan terbaru dalam industri makanan.

Kedua, Thailand Ultimate Chef Challenge edisi ke-9, yang menyajikan perlombaan dengan lebih dari 700 koki internasional profesional sebagai peserta. Mereka akan bersaing untuk mendapatkan empat penghargaan dalam 19 kategori berbeda.

Ketiga, Future Food Experience+,  yang merupakan platform fitur khusus yang menyatukan pakar industri dan pemimpin pemikiran untuk berbagi wawasan dan perspektif mereka tentang megatren saat ini dalam makanan dan minuman, protein masa depan, fenomena nabati, dan teknologi pemrosesan baru.

Melalui demo, bincang-bincang, presentasi, dan diskusi panel, panggung The Future Food Experience+ dirancang untuk menginspirasi dan mengedukasi partisipan untuk membayangkan kembali industri makanan dapat menjadi apa, dan untuk mendorong kolaborasi dan inovasi di lapangan.

Adapun, jika Anda tidak dapat menikmati atau mengunjungi ajang Thaifex – Anuga Asia pada tahun ini, maka tak perlu khawatir. Sebab, akan terdapat pameran dengan skala serupa pada tahun depan yang bertajuk Thaifex-Horec 2024. Pameran itu akan dilangsungkan di lokasi yang sama dengan tahun ini yakni Impact Muang Thong Thani, Bangkok, Thailand pada 6-8 Maret 2024.

Secara khusus, pada tahun depan, Thaifex-Horec 2024 tidak hanya akan menjangkau industri makanan dan minuman saja, melainkan juga catering, cafe dan perhotelan.

Managing Director & VP Asia-Pasifik, Koelnmesse Pte Ltd Mathias Kuepper mengatakan tujuan jangka panjang Thaifec - Horec Asia adalah mendorong inovasi berkelanjutan, mendorong kolaborasi, dan memastikan pertumbuhan berkelanjutan dalam industri horeca.

“Kami membayangkan membangun pameran dagang sebagai pusat terkemuka di Asia Tenggara, membentuk masa depan industri melalui ide-ide transformatif, kolaborasi lintas batas, dan komitmen terhadap keberlanjutan. Bersama-sama, kita dapat mendorong sektor horeca ke tingkat kesuksesan baru sambil menetapkan standar baru untuk praktik ramah lingkungan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro