Foto: Kolaborasi APR - Kala Studio Luncurkan Fashion Ramah Lingkungan
Fashion

Kolaborasi APR - Kala Studio Luncurkan Fashion Ramah Lingkungan

Media Digital
Minggu, 28 Mei 2023 - 17:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen serat viscose-rayon berkelanjutan, Asia Pacific Rayon (APR) berkolaborasi dengan merk fashion lokal Kala Studio meluncurkan pakaian ramah lingkungan.

Produk ini menggambarkan sosok perempuan masa kini yang tangguh, mandiri, dan kuat. Peluncuran dilakukan di Jakarta Fashion Hub, Sabtu (27/05/2023).

Zoey Rasjid, Head of Marketing Communication APR mengatakan kolaborasi ini mengambil tema Philo Garden yang menggambarkan sosok perempuan yang memiliki peran ganda dan secara alami menyebarkan cinta dalam segala aspek kehidupan.

Koleksi ini juga, tuturnya, menjadi representasi perempuan yang berdampak positif terhadap lingkungan sekitarnya. Visi ini sejalan dengan komitmen berkelanjutan APR2030 dalam menciptakan inclusive prosperity yang mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Kolaborasi APR - Kala Studio dalam koleksi Philo Garden meluncurkan 3 motif dan total 7 desain yang menggunakan viscose-rayon APR sebagai material utama.

"Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat menginspirasi perempuan hebat di luar sana untuk terus berkarya serta mendukung para fashion designer dan merek lokal lainnya untuk beralih ke bahan baku yang ramah lingkungan dan mudah terurai. Ini tidak hanya berlaku untuk produk-produk, tetapi juga untuk konsumen, sehingga bersama-sama kita dapat menjaga bumi lebih baik,"ujar kata Zoey Rasjid.

Vina Artha Ameilya, CEO Kala Studio mengatakan bahwa kolaborasi dengan APR terwujud karena visi yang serupa, terutama dalam eksplorasi bahan yang ramah lingkungan yang saat ini semakin diminati oleh pasar

"Kami ingin menjelajahi bahan-bahan yang ramah lingkungan dan APR menjadi salah satu pilihan utama kami. Kampanye sustainable fashion APR yang mendorong fashion brand lokal untuk menggunakan material eco-friendly sangat sesuai dengan keinginan kami untuk ikut mendukung fashion yang lebih berkelanjutan,” kata Vina.

Seperti diketahui, serat rayon APR memiliki tekstur lembut, memiliki daya serap yang tinggi dan bersifat versatile atau mudah untuk dikombinasikan dengan material lainnya. Penggunaan serat rayon artinya juga mendukung tren sustainable fashion karena sifatnya yang terbarukan dan mudah terurai.

Tidak hanya aktif dalam mengajak lebih banyak ekosistem fashion untuk menggerakkan sustainable fashion, APR juga aktif dalam kampanye Everything Indonesia, yang mengajak para desainer maupun UMKM dalam negeri untuk menggunakan produk yang berasal dari Indonesia.

Kolaborasi APR - Kala Studio Luncurkan Fashion Ramah Lingkungan

Filosofi Philo Garden

Adapun koleksi Philo Garden bermain dengan corak tanaman The Pink Princess atau yang dikenal juga dengan The Blushing Philodendron, Kala Studio menghadirkan serangkaian produk dengan material eco-friendly.

Tanaman hias yang satu ini kerap berfungsi sebagai dekorasi dalam ruangan karena keindahan helaian daunnya. Adapun nama Philodendron ini berasal dari Bahasa Yunani, dendron yang artinya pohon dan philo yang berarti love and affection.

Dari arti kata philo inilah, in-house illustrator Kala Studio, Dvita Mahendra, menggabungkan beragam elemen dan mengolah 3 corak tumbuhan philodendron dengan atraktif.

Corak ini menggambarkan sosok wanita multi-peran yang secara natural memiliki kemampuan untuk menebarkan rasa cinta dan kasih sayang dalam segala aspek kehidupan. Cinta dan kasih sayang yang selalu berdampingan berperan penting untuk dapat membuat semua hal menjadi lebih indah, positif, dan bermakna.

Corak blushing philo, dengan sentuhan warna cerah dari light pistachio berpadu apik menjadi tropical print yang riang dan ringan. Kemudian, corak night garden hadir dengan permainan warna dramatis dan menjadi perumpamaan kekuatan sosok wanita yang selalu mampu menjadi penerang dalam dinamika kehidupan.

Terakhir, corak day and night melengkapi keseluruhan koleksi Philo Garden, dengan ilusi motif garis-garis yang membuatnya multifungsi untuk dapat dikenakan pada siang dan malam hari.

Ketiga corak ini hadir dalam 7 produk dengan siluet kasual dan ready-to-wear yang terdiri dari Blushing Philo Ruffle Set, Blushing Philo Long Shirt Dress, Day and Night Puffy Dress, Day and Night Oversized Set, Night Garden Playsuit, Night Garden Long Sleeved Shirt Dress, dan Night Garden Ruffle Set.

Material yang digunakan adalah viscose twill dengan serat kain alami dari APR. Kain ini memiliki karakteristik yang unik dan nyaman, tidak mudah kusut, dan sangat mudah untuk disetrika. Teksturnya halus dan terasa lembut saat diraba.

Memiliki daya serap yang tinggi sehingga saat dikenakan pada iklim tropis, seratnya memiliki sirkulasi udara yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami