Garam/istimewa
Health

Ini 7 Makanan yang Perlu Dikurangi Bagi Penderita Hipertensi

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 8 Juni 2023 - 18:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Natrium (garam) adalah mineral penting yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan, fungsi saraf dan kontraksi otot. Namun, perlu diperhatikan bahwa kadar asupan natrium yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan, terutama bagi Anda yang memiliki hipertensi. 

Seseorang yang mengonsumsi natrium dalam jumlah yang banyak akan memperburuk hipertensi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Simakan makanan yang perlu dihindari dalam upaya mengelola tingkat tekanan darah:

1. Beberapa sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau memang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Namun, terdapat beberapa sayuran yang justru mempengaruhi tekanan darah Anda seperti seledri, bayam, wortel, dan bit. Jika tekanan darah Anda secara konsisten tinggi, hindari makan sayuran ini atau makanlah dengan porsi yang secukupnya. 

2. Keju

Meskipun keju merupakan sumber kalsium dan protein yang baik, keju juga kerap kali mengandung garam dan lemak jenuh yang tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi keju akan  meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan tekanan darah dan kolesterol Anda. Namun, Anda masih tetap bisa mengonsumsinya dalam  jumlah sedang dan  memilih jenis keju yang rendah sodium. 

3. Sup dan kaldu kalengan

Sup dan kaldu kalengan sudah banyak ditemukan. Namun, perlu diperhatikan bahwa makanan tersebut mengandung garam tinggi. Anda tetap bisa mengonsumsinya dengan versi rendah natrium. Namun, apabila Anda memiliki  hipertensi yang parah, ada baiknya untuk menghindari konsumsi tersebut. 

4. Acar dan daging olahan

Acar, asinan kubis, dan makanan fermentasi lainnya biasanya mengandung banyak garam karena proses pengawetan. Adapun daging olahan seperti hot dog, sosis, dan daging asap pun juga  mengandung banyak natrium. 

5. Roti dan makanan yang dipanggang

Beberapa roti dan makanan yang dipanggang, terutama yang dibuat dengan tepung olahan mengandung natrium dalam jumlah besar. Bagi Anda yang ingin mengonsumsinya, pastikan untuk memilih olahan yang  rendah natrium. 

6. Bumbu dan saus salad

Menambahkan kecap, saus tomat, saus barbekyu, dan saus salad dalam makanan akan menambahkan rasa nikmat. Namun, perlu diperhatikan bahwa makanan tersebut dapat menjadi sumber natrium. Bagi Anda yang suka makan salad, Anda dapat memilih opsi untuk membuat saus salad sendiri dengan menggunakan cuka, jus lemon, dan rempah-rempah.

7. Makanan kemasan

Makanan ringan atau kemasan yang banyak ditemukan di supermarket kerap kali kaya akan garam. Untuk itu, pilihlah makanan yang lebih sehat untuk membantu Anda dalam mengelola tekanan darah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro