Pose child pose Yoga untuk mengobati nyeri punggung/Freepik.com
Health

Beragam Manfaat Olahraga Yoga, Cegah Sakit Jantung hingga Sehatkan Otak

Salma Permata Dewi
Minggu, 11 Juni 2023 - 12:30
Bagikan

9. Meningkatkan keseimbangan

Keseimbangan tidak hanya penting saat Anda mencoba berdiri dengan satu kaki di kelas yoga. Keseimbangan juga penting untuk gerakan sederhana sehari-hari, contohnya seperti mengambil sesuatu dari lantai, meraih rak, dan menuruni tangga. Yoga telah terbukti meningkatkan keseimbangan dan performa keseluruhan pada atlet. Tinjauan penelitian juga dilakukan pada populasi sehat menunjukkan bahwa keseimbangan dapat meningkat bagi kebanyakan orang setelah berlatih yoga secara konsisten.

10. Meningkatkan fungsi kardiovaskular

Pranayama yang sering disebut sebagai "pernapasan yoga" adalah aspek yoga yang penting dan bermanfaat. The Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menerbitkan review dari 1.400 penelitian yang mengamati efek keseluruhan dari pranayama. Salah satu kesimpulan utama adalah pernapasan yoga dapat meningkatkan fungsi beberapa sistem dalam tubuh, seperti sistem kardiovaskular.

11. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Yoga telah terbukti meningkatkan seberapa cepat orang tertidur dan seberapa dalam mereka tetap tertidur. Hal ini sebagian disebabkan oleh efek samping dari olahraga dan ketenangan mental serta pereda stres yang disediakan oleh yoga secara khusus.

12. Meningkatkan harga diri

Citra tubuh dan harga diri seringkali sangat menantang bagi remaja dan dewasa muda. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan hasil positif saat menggunakan yoga untuk meningkatkan harga diri.

13. Meningkatkan kesehatan tulang

Banyak postur dalam yoga yang merupakan kontraksi isometrik, yakni panjang otot yang menahan pose tidak berubah. Yoga asana juga dapat membalikkan keropos tulang yang terkait dengan osteopenia dan osteoporosis. Satu studi menunjukkan bahwa melakukan yoga selama 12 menit per hari dapat meningkatkan kesehatan tulang secara signifikan.

14. Meningkatkan postur tubuh yang lebih baik

Satu tinjauan dari 34 studi penelitian menemukan pola yang muncul mengenai yoga dan postur tubuh. Yoga meningkatkan fungsi otak di pusat-pusat yang bertanggung jawab untuk mengenali sensasi di dalam tubuh dan postur tubuh. Fokus yoga pada mobilitas dan fleksibilitas juga dapat berkontribusi pada keselarasan yang lebih baik dengan melepaskan otot yang sering tegang.

15. Meningkatkan fungsi otak

Menurut penelitian, yoga benar-benar latihan pikiran-tubuh. Yoga mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab atas motivasi, fungsi eksekutif, perhatian, dan neuroplastisitas.

16. Mengatasi kelelahan

Sebuah studi yang mengamati kelelahan di antara pekerja rumah sakit selama pandemi COVID-19 menyimpulkan bahwa intervensi meditasi berbasis yoga membantu secara signifikan mengurangi efek kelelahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro