Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Health

Hindari Kebiasaan Ini Saat Pagi Hari, Bisa Picu Stres Seharian

Arlina Laras
Jumat, 16 Juni 2023 - 09:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Cara seseorang memulai pagi memiliki dampak besar pada suasana hati, energi, dan produktivitasnya sepanjang hari. 

Pasalnya, ketika bangun tidur, otak masih dalam keadaan relaks dan terbuka untuk menerima rangsangan baru. 

Dengan begitu, ketika memulai pagi dengan suasana hati yang positif, energi yang baik, dan rutinitas yang sehat, kemungkinan besar orang tersebut merasa lebih baik dan lebih siap menghadapi tugas dan tantangan yang ada.

Sebaliknya, apabila seseorang memulai pagi dengan tergesa-gesa, merasa malas, atau melakukan kegiatan yang kurang produktif seperti menunda-nunda, kemungkinan besar hari yang akan dilalui terasa kurang energik, stres, dan kurang fokus sepanjang hari.

Melansir dari Times of India, berikut adalah daftar hal-hal yang sebaiknya dihindari dilakukan di pagi hari:

1. Waktu bangun tidak konsisten

Hindari mengulur waktu tidur dengan menekan tombol snooze alarm secara berulang. Meskipun terasa menggoda untuk tetap berbaring beberapa menit lagi, mengulang mengaktifkan alarm snooze dapat mengganggu siklus tidur Anda dan membuat Anda merasa kantuk.

Sebaiknya, tetapkan waktu bangun yang tetap dan usahakan untuk segera bangun ketika alarm berbunyi. Dengan cara ini, Anda dapat memberikan diri Anda waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri tanpa merusak kualitas tidur Anda.

2. Melewatkan sarapan

Dengan Anda tidak sarapan, hal ini berdampak negatif pada tingkat energi dan fokus Anda sepanjang hari. 

Sarapan dianggap sebagai makanan penting yang memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan pikiran. 

Melewatkan sarapan dapat menyebabkan tingkat energi yang rendah, kurang konsentrasi, dan kecenderungan makan berlebihan nanti dalam hari. 

Sebaiknya, usahakan untuk memiliki sarapan yang seimbang, mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat untuk memberikan bahan bakar yang cukup bagi tubuh dan pikiran Anda dalam menghadapi aktivitas sehari-hari.

3. Langsung memeriksa handphone 

Menghabiskan waktu pertama di pagi hari dengan melihat layar handphone dapat mengganggu konsentrasi dan membuang waktu yang berharga. 

Sebaliknya, berikan diri Anda kesempatan untuk memulai hari dengan tenang dan bermakna. 

Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang lebih produktif dan mendalam, seperti meditasi, membaca, atau merenungkan tujuan Anda. Dengan memulai hari dengan fokus pada diri sendiri, maka akan menjaga pikiran segar, aktif, dan produktif sepanjang hari.

4. Melewatkan aktivitas fisik

Jangan melewatkan aktivitas fisik di pagi hari. Melewatkan aktivitas fisik dapat mengurangi manfaat yang penting dari olahraga, seperti peningkatan suasana hati, tingkat energi yang lebih tinggi, dan peningkatan fungsi tubuh secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, penting untuk melibatkan diri dalam aktivitas fisik di pagi hari.

Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas fisik di pagi hari, seperti latihan ringan, rutinitas peregangan, atau berjalan-jalan singkat. 

Melakukan aktivitas fisik di pagi hari membantu menggerakkan tubuh Anda, meningkatkan aliran darah, dan merangsang pelepasan endorfin, yang akan memberikan dorongan energi yang menyegarkan dan membuat Anda merasa lebih segar sepanjang hari.

5. Terburu-buru dalam rutinitas pagi

Hindari hal ini, karena dapat meningkatkan tingkat stres dan membuat Anda merasa tidak teratur. 

Penting untuk memberikan diri Anda waktu yang cukup untuk melaksanakan aktivitas seperti mandi, berpakaian, dan mempersiapkan diri dengan tenang untuk menghadapi hari yang akan datang.

Dengan memberikan diri Anda waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas-tugas pagi secara teratur dan terorganisir, Anda akan merasa lebih rileks dan siap menghadapi hari dengan lebih baik. 

Hindari kebiasaan tergesa-gesa yang dapat memicu rasa cemas dan ketidaknyamanan. Buatlah jadwal yang realistis dan alokasikan waktu yang memadai untuk setiap tugas dalam rutinitas pagi.

Secara keseluruhan, menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut di pagi hari dapat membantu Anda memulai hari dengan suasana hati yang lebih baik, energi yang tinggi, dan produktivitas yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro