Sunscreen/skincancerfoundation
Health

Tips Memakai Tabir Surya yang Efektif Cegah Kanker Kulit

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 11 Juni 2023 - 18:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun mendapatkan sinar matahari memiliki manfaat kesehatan tertentu, seperti meningkatkan kadar vitamin D, ada juga bahayanya.

Paparan sinar matahari sering dikaitkan dengan bahaya kanker kulit yang menghancurkan. Kulit dapat dilindungi dengan menggunakan tabir surya.

Sebagian besar orang menggunakan tabir surya terlalu tipis, yang mengurangi perlindungan.

Untuk melindungi kulit, sebaiknya Anda menggunakan enam hingga delapan sendok makan untuk menutupi tubuh orang dewasa.

Beberapa orang menggunakan pendekatan dua jari untuk membantu mereka memvisualisasikan ini.

Dua jari digunakan untuk mengoleskan tabir surya di area tubuh, dimulai dari wajah dan leher, diikuti lengan, punggung, dada, perut, dan kaki.

Anda harus mengoleskan tabir surya setidaknya 30 menit sebelum pergi keluar dan mengoleskannya kembali setiap dua jam, serta segera setelah berenang atau berkeringat.

SPF yang tinggi seharusnya tidak membuat Anda merasa tidak terlindungi karena tidak akan membuat Anda terbakar.

SPF tidak menunjukkan seberapa sering Anda harus menggunakan kembali tabir surya. Tabir surya SPF tinggi sedikit menghalangi lebih banyak sinar UVB, tetapi tidak ada yang memberikan perlindungan 100%.

​​Bagaimana cara memilih tabir surya yang tepat?​

Carilah tabir surya berspektrum luas, apakah itu bahan kimia atau organik, untuk memastikan bahwa Anda terlindung dari radiasi UVA dan UVB. Tabir surya modern harus digunakan karena menawarkan perlindungan inframerah (IR) juga.

Perbedaannya terletak pada seberapa lambat Anda akan terbakar jika Anda tidak menggunakan tabir surya apa pun.

Karena itu, jika Anda memakai SPF 50, Anda harus mengantisipasi bahwa pembakaran akan memakan waktu 50 kali lebih lama daripada jika Anda tidak memakai apa pun.

SPF 30 adalah faktor minimal yang harus dipakai. SPF minimal 30 disarankan oleh NHS untuk melindungi diri Anda sendiri. SPF 50 adalah yang paling disarankan. Topi, beberapa bentuk naungan, dan menghindari matahari tengah hari semuanya direkomendasikan.

Selain pakai sun screen, ada beberapa dokter menyarankan untuk memasukkan antioksidan termasuk asam lemak omega-3, vitamin C, E, dan A, seng, selenium, beta karoten (karotenoid), likopen, dan polifenol dalam makanan Anda untuk membantu mencegah kanker kulit. Mereka dapat ditemukan dalam berbagai makanan bergizi biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro