dr Agus C Anab, SpBS memaparkan mengenai Penanganan Bedah Tumor Otak dengan Metode Keyhole melalui Alis Mata/Istimewa
Health

Sering Pusing dan Penglihatan Terganggu? Awas Tumor Otak!

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 Juni 2023 - 11:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Otak adalah organ yang mengatur fungsi mental dan fisik manusia.

Kelainan apa pun dalam sistem yang kompleks ini dapat mengkhawatirkan.

Salah satu kondisi yang sering menimbulkan rasa takut adalah tumor otak. Meskipun tumor otak tidak umum, penting untuk mengenali tanda-tanda peringatan potensial, bahkan yang tampaknya kecil.

Deteksi dini memainkan peran penting dalam pengobatan yang efektif, sehingga penting untuk menyadari gejala-gejala ini dan signifikansinya.

Ashish Bajaj, Konsultan, Mikrobiologi Oncquest Laboratories Ltd mengatakan, meskipun sakit kepala adalah penyakit yang umum, mengalami sakit kepala yang terus-menerus dan intens bisa menjadi tanda bahaya.

Migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala kluster biasanya tidak berbahaya, tetapi jika Anda melihat adanya perubahan dalam frekuensi, tingkat keparahan, atau polanya, ada baiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Tumor dapat memberi tekanan pada otak, menyebabkan sakit kepala yang memburuk seiring waktu, terutama di pagi hari atau saat bangun tidur.

Berikut beberapa gejala kecil yang mungkin mengindikasikan tumor otak.

1. ​Penglihatan berubah​

Gangguan penglihatan adalah gejala halus lain yang mungkin mengindikasikan tumor otak. Jika Anda melihat penglihatan kabur, penglihatan ganda, atau kehilangan penglihatan tepi, penting untuk tidak menganggap perubahan ini hanya sebagai efek kelelahan atau penuaan.

Saraf optik dapat dipengaruhi oleh tumor, menyebabkan gangguan penglihatan. Pemeriksaan mata yang komprehensif dapat membantu mengidentifikasi masalah yang mendasarinya.

2. Kejang

Kejang adalah gangguan listrik yang tidak terduga dan tidak dapat dikendalikan di dalam otak. Meskipun dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti epilepsi, gejala tersebut juga dapat berfungsi sebagai indikasi potensial tumor otak.

Sangat penting untuk segera mencari pertolongan medis jika Anda mengalami kejang untuk pertama kalinya. Kejang dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari sensasi ringan hingga kejang, dan penting untuk tidak pernah mengabaikannya.

3. ​​Perubahan kognitif dan kepribadian​

Tumor otak dapat mempengaruhi kemampuan kognitif dan perilaku seseorang. Jika Anda atau orang yang Anda sayangi melihat perubahan yang tidak dapat dijelaskan dalam ingatan, konsentrasi, atau keterampilan berpikir, penting untuk mempertimbangkan kemungkinan kondisi neurologis yang mendasarinya.

Perubahan suasana hati, lekas marah, dan perilaku yang tidak biasa juga bisa menjadi indikasi tumor otak. Mencari saran medis dapat membantu menentukan penyebab dan memberikan perawatan yang tepat.

4. ​Mual dan muntah​

Menurut Dr. Jika Anda mengalami gejala ini, terutama bersamaan dengan tanda peringatan lainnya, penting untuk segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan.”

5. ​​Perubahan sensorik​

Tumor otak berpotensi memengaruhi fungsi sensorik tubuh, menyebabkan hilangnya sensasi, kesemutan, atau mati rasa secara tiba-tiba di berbagai bagian tubuh. Mencari evaluasi medis segera menjadi penting ketika individu mengalami perubahan ini, yang dapat terlokalisasi atau memengaruhi area yang lebih luas, tergantung pada lokasi spesifik tumor di dalam otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro