Peta Irlandia/Ilustrasi
Travel

Irlandia Bagi-bagi Rp1,3 Miliar Demi Rayu Orang Pindah ke Pulaunya, Cek Syaratnya

Arlina Laras
Senin, 19 Juni 2023 - 15:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Irlandia menawarkan subsidi berupa uang tunai kepada orang-orang yang bersedia pindah ke sekitar 30 pulau di pantai barat negara itu.

Melansir dari Business Insider, melalui skema Our Living Islands, pemerintah akan memberikan 84.000 euro atau sekitar Rp1,3 miliar bagi orang-orang yang bersedia ke pulau yang terletak di pantai Atlantik dengan sedikit penduduk.

Pulau-pulau ini pun tidak terhubung ke daratan melalui jembatan dan terputus dari daratan oleh pasang surut. 

Sehingga, akses ke pulau-pulau tersebut tergantung pada kondisi pasang surut, yang mungkin tidak selalu dapat dijangkau secara langsung melalui jalan darat.

Salah satu area yang ditawarkan adalah pulau Inishmore, terletak di teluk Galway, lepas pantai barat Irlandia, pulau ini hanya memiliki populasi 762 penduduk dan disebut-sebut mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Inisiatif ini akan berlaku mulai 1 Juli 2023. 

Dalam rangka mendukung program, pemerintah juga akan menugaskan Vacant Home Officers (Petugas Rumah Kosong) untuk mengidentifikasi properti kosong dan terlantar di pulau-pulau tersebut. 

Menteri Pengembangan Pedesaan dan Masyarakat Heather Humphreys menyampaikan penerapan kebijakan ini diharapkan akan mendorong lebih banyak orang untuk tinggal dan bekerja di pulau-pulau tersebut. 

“Kami ingin memastikan pulau-pulau ini tetap dihuni dan memiliki kehidupan yang beragam dan berkelanjutan, sehingga dapat memperkuat dan mempertahankan kehidupan komunitas di sana,” ujarnya. 

Dia percaya, dengan kemajuan teknologi dan koneksi global yang semakin baik, orang-orang yang tinggal di pulau-pulau pun  dapat bekerja secara jarak jauh alias remote.

Dengan demikian, pulau-pulau tersebut dapat menawarkan prospek karir yang menarik bagi penduduk baru, yang dapat bekerja dengan fleksibilitas tetapi tetap tinggal di lingkungan yang indah dan alami.

Syarat Penerima Subsidi Rp1,3 Miliar

Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk memenuhi syarat menerima subsidi ini. 

Salah satu persyaratan tersebut adalah memiliki properti di salah satu pulau yang telah dibangun sebelum tahun 1993 dan telah kosong setidaknya selama dua tahun.

Hal ini menunjukkan subsidi akan diberikan kepada mereka yang telah memiliki properti di pulau-pulau tersebut sebelumnya dan berencana untuk menghidupkannya kembali.

Nantinya, setelah uang subsidi diberikan, dana tersebut itu pun hanya dapat digunakan untuk renovasi, pemasangan insulasi, dan perbaikan struktural pada properti yang dimiliki, sehingga pulau-pulau tersebut dapat menjadi tempat tinggal yang layak dan berkelanjutan.

Melansir dari CNN International, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah soal siapa pun yang memiliki properti di Irlandia, itu tidak serta merta menjamin hak untuk tinggal di negara tersebut. 

Pasalnya, bagi mereka yang ingin pindah ke pulau-pulau indah di pantai Atlantik, harus mematuhi aturan dan persyaratan yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro