Ilustrasi daging kurban/Freepik.com
Health

Tips Memasak Daging Sapi dan Kambing Agar Tidak Alot dan Berbau

Kresensia Kinanti
Rabu, 28 Juni 2023 - 17:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Daging adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak gizi dan bermanfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi daging akan terasa lebih enak jika tekstur daging tidak alot dan tidak berbau. 

Penyebab daging terasa alot dan berbau amis biasanya karena kesalahan dalam memotong daging, salah memilih jenis daging, penggunaan api yang tidak tepat ketika memasak atau memasak daging dilakukan kurang lama.

Berikut cara sederhana untuk memasak daging agar tidak alot dan berbau:

1. Bersihkan daging dengan benar

Tips mengolah daging agar tidak bau adalah dengan membersihkannya dengan benar. Hal ini dilakukan agar daging aman untuk dikonsumsi. Namun, yang paling penting dan perlu diperhatikan dalam membersihkan daging merah seperti sapi dan kambing adalah jangan mencucinya dengan air.

Daging merah seperti daging sapi dan kambing, apabila terlalu banyak terkena air malah akan mengakibatkan kemunculan aroma amis yang semakin kuat. Jadi, disarankan untuk membersihkan daging-daging merah tersebut dengan cara mengelapnya menggunakan tisu atau lap bersih.

Setelah dilap, Anda bisa melumurkan air perasan jeruk nipis pada daging lalu rebus dengan air mendidih sebentar untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan bau amis.

2. Menggunakan palu daging

Untuk potongan daging yang keras, palu daging dapat menjadi cara yang efektif untuk memecah serat otot yang keras. Anda tidak perlu menumbuknya hingga hancur dan mengubah daging menjadi bubur, tetapi menumbuk ringan dengan ujung palu daging yang kasar sudah cukup. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan garpu untuk membuat lubang-lubang kecil pada daging. 

3. Marinasi

Menggunakan bahan asam seperti lemon, cuka atau nanas dapat digunakan untuk memecah protein yang keras, sehingga daging menjadi "matang terlebih dahulu" sebelum dimasak. Pastikan Anda tidak mendiamkannya terlalu lama di dalam rendaman (30 menit hingga dua jam sudah cukup) agar daging tidak terlalu lunak dan hancur.  

4. Menggunakan garam

Anda dapat menaburkan garam pada daging sebelum dimasak. Garam akan mengeluarkan kelembapan dari dalam daging dan menciptakan air garam alami. Cara ini berhasil jika daging berubah warna menjadi lebih merah. Anda dapat mendiamkan daging dengan garam selama 24 jam sebelumnya.

5. Diamkan hingga mencapai suhu ruangan

Hal ini sangat penting untuk potongan sapi tanpa lemak. Karena tidak ada banyak lemak pada potongan daging ini, maka daging ini tidak terlalu sulit untuk dimaafkan jika dimasak terlalu lama. Membiarkan daging di atas meja penghitung suhu ruangan selama 30 menit sebelum dimasak akan membantu daging matang lebih merata.

6. Masak dengan api kecil 

Memasak daging tidak bisa terburu-buru. Anda harus memasak daging dengan api kecil agar daging empuk. Selain itu, memasak daging dengan api kecil juga akan membantu bumbu yang digunakan meresap sempurna ke dalam daging. Jika anda merebus daing, saat merebus potongan daging yang keras, kolagen akan terurai di dalam air rebusan dan membuat serat-serat otot yang keras itu terpisah. 

7. Iris daging dengan arah yang tepat

Semua potongan daging memiliki serat otot panjang yang membentang di sepanjang daging. Jika Anda memotong sejajar dengan serat otot, Anda akan kesulitan untuk memotong dan mengunyahnya. Sebaliknya, potonglah daging berlawanan dengan serat otot sehingga mudah terlepas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro