Dieng Culture Fest 2022./Twitter
Travel

Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Liburan Sekolah

Salma Permata Dewi
Sabtu, 8 Juli 2023 - 16:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Libur sekolah dan kuliah sudah dimulai sejak Juni lalu. Liburan ini sering digunakan untuk wisata berjalan-jalan ke suatu tempat dengan keluarga.

Biasanya, libur pergantian semester sekolah dan kuliah termasuk lama, yakni satu hingga dua bulan. Oleh karena itu, liburan menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di satu atau dua kota.

Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Indonesia:

1. Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo

Berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur, ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga saat liburan sekolah. Di sini, Anda dan keluarga bisa melihat-lihat satwa sekaligus mendapatkan banyak pengalaman baru.

Pengalaman-pengalaman itu seperti memberi makan satwa, berfoto bersama satwa, dan bermain wahana. Tidak hanya kebun binatang dan wahana bermain, Jatim Park 2 juga memiliki Water Zone atau zona bermain air.

Tiket masuk ke Jatim Park 2 bisa dibeli melalui daring atau langsung di tempat. Jatim Park 2 bekerja sama dengan beberapa aplikasi travel, seperti Traveloka dan Tiket.com untuk pembelian tiket. Selain itu, Anda juga bisa membeli melalui situs resminya. Harga satu tiket masuk adalah sebesar Rp140.000

rekomendasi wisata libur sekolah
rekomendasi wisata libur sekolah


2. Aloha PIK

Aloha PIK yang berlokasi di Kosambi, Tangerang, juga cocok dijadikan destinasi wisata saat libur sekolah. Tempat ini merupakan sebuah tempat yang memiliki konsep open space dengan suasana pantai. Anda bisa membawa hewan peliharaan ke sini dan untuk masuknya tidak dipungut biaya sepeser pun.

Walaupun tidak bisa ke area pantai, Aloha membuat suasananya semirip mungkin dengan pantai sehingga pengunjung seperti benar-benar di area pantai. Di sana juga terdapat playground untuk bermain anak-anak. Satu-satunya peraturan yang ada di Aloha adalah tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar.

destinasi aloha pik
destinasi aloha pik


3. BSD Extreme Park

Jika menyukai aktivitas outdoor, Anda pasti akan menyukai BSD Extreme Park yang terletak di Tangerang. Tempat ini menyediakan berbagai permainan yang bisa dicoba untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Ada dua jenis wahana, yaitu wahana regular dan tourism. Keduanya memiliki pilihan wahananya masing-masing.

Tiket masuk seharga Rp15.000 hingga Rp20.000 belum termasuk dengan wahana-wahana di dalamnya. Anda bisa memilih wahana yang diinginkan tergantung minat dan kelompoknya.

Jika ingin permainan individu, mungkin bisa memilih gokart, panahan, panjat tebing, atau banyak lagi. Jika ingin permainan kelompok, Anda bisa memilih action game atau tactical wap yang harus dilakukan oleh minimal 20 orang.

BSD Extreme Park
BSD Extreme Park

4. Wisata Dieng

Berlokasi di Banjarnegara, Jawa Tengah, Dieng memiliki banyak wisata yang harus dikunjungi. Anda bisa mendatangi candi, museum, hingga kawah yang ada di Dieng.

Menikmati pemandangan alam di penginapan juga hal yang bisa dilakukan di sana. Anda bisa menghabiskan waktu dengan keluarga di penginapan Dieng dengan melakukan acara BBQ. Apalagi di sana banyak penginapan yang bisa disewa per rumahnya sehingga Anda dan keluarga tidak perlu satu atap dengan pengunjung lain.

destinasi wisata dieng
destinasi wisata dieng


5. Sungai Elo

Jika bepergian ke Jogja atau Magelang, Anda mungkin akan mengunjungi pusat kota untuk berlibur. Cobalah untuk melakukan rafting di Sungai Elo, Magelang.

Biasanya, agen-agen rafting yang tersedia memiliki beberapa paket untuk pemula, intermediate, dan advance. Biasanya, untuk keluarga akan disarankan mengambil paket pemula yang ditempatkan di bagian sungai berarus kecil dengan pemandu.

wisata sungai elo
wisata sungai elo


6. The Lodge Maribaya

Berlokasi di Kabupaten Bandung, The Lodge Maribaya menawarkan penginapan dengan suasana alam untuk bersantai. Anda bisa menikmati berbagai wahana atau sekadar bersantai di sana.

Berbeda dengan penginapan pada umumnya, The Lodge Maribaya memiliki dua tipe penginapan, yaitu Camping dan Joglo. Tempat penginapan tipe Camping memiliki bentuk bawang yang unik.

The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro