Pantai Padang menjadi destinasi wisata/Dinar Pariwisata
Travel

Ini 10 Objek Wisata yang Menarik Dikunjungi di Kota Padang

Muhammad Noli Hendra
Kamis, 13 Juli 2023 - 16:42
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Saat Anda berwisata ke Sumatra Barat, jangan lupa untuk berkunjung ke beberapa lokasi wisata unik, menarik, dan pantai terkenal di bawah ini.

Padang tidak hanya terkenal dengan keripik sanjai dan kelezatan makannya. Namun, Sumatra Barat juga terkenal karena  memiliki pantai yang indah.

Simak 10 objek wisata di Padang, Sumatra Barat:

1. Pantai Padang

Objek wisata Pantai Padang ini sudah tidak asing lagi bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Hal ini dikarenakan Pantai Padang yang memiliki keindahan tersendiri, baik dipandang saat siang maupun pada waktu malam harinya.

Bicara menikmati sunset, Pantai Padang adalah lokasi yang strategi. Begitupun ketika waktu beranjak malam, suasana di Pantai Padang akan semakin memikat hati. Karena pedagang di Pantai Padang ini selain menjual kuliner yang enak, tempat atau kafe nya itu dihiasi berbagai pernak pernik yang menarik.

Selain itu keberadaan Pantai Padang ini juga tidak begitu sulit untuk diakses, karena berada dekat dari pusat Kota Padang. Bagi wisatawan yang mendarat dari Bandara Internasional Minangkabau hanya butuh waktu 40 menit saja untuk sampai menuju Pantai Padang.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Di Kota Padang, Jembatan Siti Nurbaya memiliki sejarah dan cerita yang tidak dipisahkan. Bahkan Jembatan Siti Nurbaya ini menjadi salah satu ikon objek wisata di Padang. Hal ini dikarenakan keberadaan Jembatan Siti Nurbaya ini terletak di dekat Muaro Padang, yang merupakan salah satu pintu masuk perdagangan atau jalur rempah sejak dahulu kala.

Belum lama ini Pemko Padang juga telah merenovasi Jembatan Siti Nurbaya tersebut, seperti memberikan cat ulang dengan warna Marawa (kuning, hitam, dan merah), serta memasang bola lampu warna warni sehingga menambah eksotik di waktu malam hari.

Saat berada di atas Jembatan Siti Nurbaya ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kawasan Kota Tua Padang, dan bisa melihat sebagian kecil hamparan Kota Padang. Bagi yang hobi fotografi atau suka membuat konten, Jembatan Siti Nurbaya merupakan tempat yang patut untuk dikunjungi.

jembatan siti nurbaya jadi destinasi wisata di padang
jembatan siti nurbaya jadi destinasi wisata di padang

3. Gunung Padang

Ada satu tempat objek wisata yang tidak kalah menarik untuk didatangi di Kota Padang yaitu Gunung Padang. Objek wisata yang masih berdekatan dengan Jembatan Siti Nurbaya ini memiliki sensasi tracking yang cukup menantang fisik, karena untuk sampai ke puncak Gunung Padang, ada sejumlah anak tangga yang harus dilewati.

Sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Padang ini, pengunjung juga akan menemukan beberapa peninggalan perang yakni meriam, serta bila Anda penat di dalam perjalanan, ada sejumlah spot yang cocok dijadikan berswafoto. Namun, untuk menikmati semua itu, pengunjung disarankan memasuki Gunung Padang di waktu pagi hingga siang hari. Karena lokasi Gunung Padang ini dilarang ada pengunjung di malam harinya.


4. Pantai Air Manis

Objek wisata Pantai Air Manis, juga merupakan salah satu tempat yang telah lebih dahulu populer, terutama soal Batu Malin Kundang nya. Kendati telah lama populer, bukan berarti Pantai Padang tidak menarik untuk dikunjungi.

Selain adanya Batu Malin Kundang, pengunjung bisa menikmati sensasi menuju Pulau Pisang tanpa harus menggunakan boat atau kapal, dan juga bukan harus berenang pula. Karena untuk menyebrang dari Pantai Air Manis ke Pulau Pisang itu, pengunjung cukup berjalan kaki, sebab kondisi pantai sangat dangkal bila pasang laut lagi surut.

pantai air manis
pantai air manis


5. Kota Tua Padang

Tidak kalah menarik lainnya di Kota Padang ini, yaitu kawasan Kota Tua nya. Di kawasan Kota Tua Padang ini identik dengan pemukiman berbagai etnis, mulai dari Tionghoa hingga ada etnis India. Bagi yang suka dengan tempat wisata sejarah, kawasan Kota Tua Padang merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya itu, di kawasan Kota Tua Padang juga banyak terdapat kafe dan tempat nongkrong yang pas menemani waktu bersama keluarga maupun teman. Kawasan Kota Tua ini juga berdekatan dengan Sungai Batang Arau, dimana juga bisa menjangkau Jembatan Siti Nurbaya dan Gunung Padang.

6. Bukit Nobita

Bagi yang gemar menonton kartun Doraemon, pasti sudah tahu dengan sebuah bukit di belakang sekolah si Nobita, dimana atas bukit tersebut bisa memandang kawasan perkotaan seperti yang ada di serial atau film kartun Doraemon.

Nah, di Kota Padang, persisnya di daerah Lubuk Begalung, ada sebuah bukit yang bila berada di puncak bukit, ternyata memiliki pemandangan yang sama dengan kartun Doraemon. Karena di atas bukit itu, pengunjung akan dapat melihat seluruh Kota Padang, kerlap kerlip bola lampu di malam hari.

Dengan adanya kondisi itu, pengunjung maupun masyarakat setempat mempopulerkan bukit tersebut sebagai Bukit Nobita.Bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi di atas Bukit Nobita, harus siap-siap tracking, karena untuk sampai ke puncak, belum ada akses yang memadai untuk menggunakan kendaraan menuju puncak Bukit Nobita.

bukit nobita jadi destinasi wisata terkenal di padang
bukit nobita jadi destinasi wisata terkenal di padang


7. Pemandian Lubuk Minturun

Di Kota Padang juga memiliki satu tempat yang patut diperhitungkan untuk didatangi, terutama bagi yang membawa keluarga. Namanya Pemandian Lubuk Minturun, objek wisata yang menyuguhkan tempat pemandian dari aliran sungai yang airnya sangat jernih dan sejuk.

Karena posisi aliran sungai termasuk dekat ke arah hulu, sehingga sungai Lubuk Minturun ini memiliki banyak bebatuan dan cukup dangkal.Posisi Lubuk Minturun ini, bila diukur dari Bandara Internasional Minangkabau, maka jarak tempuh untuk menuju lokasi hanya sekitar 20 menit saja.

8. Masjid Raya Sumatera Barat

Kota Padang yang juga terkenal dengan wisata religi nya, dengan memiliki sebuah masjid megah yang didesain oleh Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yakni Masjid Raya Sumatera Barat, membuat masjid itu menjadi ikon wisata religi di Ranah Minang.

Masjid Raya Sumatera Barat yang berada di kawasan pusat Kota Padang ini terbilang populer, karena desainnya yang terlihat unik dan kental dengan budaya Minangkabau serta selaras dengan filosofi orang Minang yaitu Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Di kawasan masjid ini terdapat taman yang indah, serta bila terus masuk ke dalam masjid, akan terlihat interior masjid yang begitu menakjubkan. Di bagian depan terdapat desain replika batu aswad yang ada di Ka'bah Mekkah, serta desain yang menakjubkan lainnya.

Masjid Raya Sumatera Barat
Masjid Raya Sumatera Barat

9. Pantai Nirwana Padang

Tidak hanya Pantai Padang dan Pantai Air Manis saja yang menarik, tapi juga ada Pantai Nirwana. Posisi pantai ini tepatnya di Padang Selatan, yang memiliki batu karang dan koral yang bertebaran di sepanjang pantai.

Pantai Nirwana ini memiliki air lautnya yang biru, hamparan pasirnya yang berwarna putih, serta hijaunya pepohonan yang ada di sekitar pantai. Mungkin itulah sebabnya diberi nama Pantai Nirwana, karena keindahan panorama alam yang dimiliki bagaikan di surga.

Apalagi jika keadaan alam waktu sang mentari mulai tenggelam. Pantai Nirwana Padang, terkenal dengan lokasi yang tepat untuk menikmati indahnya sunset. Menyaksikan secara langsung keindahan warna alam yang sangat mengagumkan.Lokasi Pantai Nirwana Padang berada tak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur, dan jalan lintas Kota Padang - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

10. Pulau Pasumpahan

Di Kota Padang juga ada satu pulau yang patut dikunjungi bersama bestie mu. Dulunya Pulau Pasumpahan ini termasuk salah satu objek wisata di Kota Padang yang belum lama ini populer, karena dulu pulau ini tidak berpenghuni.

Kini Pulau Pasumpahan banyak diminati wisatawan karena memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang relatif masih jernih juga pemandangan alamnya yang indah.Untuk menyebrang menuju Pulau Pasumpahan, pengunjung bisa melalui dua titik, yakni melalui Sungai Pisang atau Pelabuhan Teluk Bungus.

Dari pusat Kota Padang ke Pelabuhan Teluk Bungus berjarak hanya 18,6 km. Sementara ke Sungai Pisang lumayan jauh 32,9 km. Namun jika bertolak dari Sungai Pisang penyeberangan lebih cepat dari Pelabuhan Teluk Bungus.

Karena jarak dermaga di Sungai Pisang Pulau Pasumpahan lebih dekat dibanding dari Pelabuhan Teluk Bungus.Di Pulau ini juga terdapat cottage, warung makanan dan minuman, penyewaan tenda, jasa penyeberangan.

Pulau Pasumpahan padang
Pulau Pasumpahan padang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro