Buah leci/Istimewa
Health

7 Manfaat Buat Leci, Cegah Hepatitis dan Diabetes

Novita Sari Simamora
Sabtu, 15 Juli 2023 - 15:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah leci memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang mampu meningkatkan kesehatan secara alami.

Dilansir dari Pink Villa, Sabtu (15/7/2023), leci memilik nutrisi yang berlimpah seperti  antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid yang kaya pada buah leci. Nutrisi yang di dalam buah leci bisa membantu Anda melawan berbagai masalah kesehatan, termasuk kulit kusam.

Simak manfaat buah leci bagi kesehatan: 

1. Menyeimbangkan Elektrolit

Leci terbuat dari 80% air dan menjadi pilihan yang sangat baik untuk menjaga hidrasi yang tepat, yang diperlukan untuk fungsi organ dan kesehatan kulit. Sementara kebutuhan hidrasi, banyak orang yang meminum air putih, tetapi terkadang air minum yang diminum tidak cukup untuk kebutuhkan tubuh.

Maka tubuh membutuhkan berbagai makanan yang dikonsumsi. Buah-buahan, termasuk leci, memiliki kandungan air yang tinggi, artinya mengandung mineral seperti kalium, natrium, dan klorida untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

2. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Leci adalah buah tropis yang paling enak dan juga dapat membantu mengatur kadar gula darah karena kandungan nutrisinya. Pertama, bukan leci yang menunjukkan aktivitas hipoglikemik, tetapi bijinya yang berkontribusi pada kontrol glikemik.

Biji leci mengandung senyawa bioaktif tertentu seperti flavanon, flavonol, dan proanthocyanidins yang membantu mengurangi stres oksidatif pada pasien diabetes.

3. Leci Bersifat Anti Kanker

Meskipun ada penelitian yang sedang berlangsung untuk mempelajari sifat anti kanker leci, ada cukup banyak penelitian untuk membuktikan bahwa ekstrak biji leci dan ekstrak pericarp mampu menghasilkan efek anti kanker.

Pericarp dan biji buah leci mengandung senyawa polifenol dan antioksidan yang bertanggung jawab atas sifat anti tumornya. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan kulit leci dapat membantu mencegah kanker rektum, kanker hati, kanker payudara, dan kanker prostat.


4. Leci Bisa Melawan Asma Nokturnal

Leci mengandung banyak vitamin dan mineral, sifat antibakteri dan anti-inflamasinya membantu melawan asma nokturnal. Buah ini membantu mengurangi sesak di dada, mengi di malam hari, dan kesulitan bernapas, sehingga hampir tidak bisa tidur dan membuat Anda sangat lelah.

Pati biji leci tersedia secara aktif di pasaran dan dapat digunakan sebagai bahan pengental air sebagai pengganti tepung kentang, tepung jagung, atau tepung tapioka.


5. Membantu Meremajakan Kulit

Jika Anda tinggal di negara tropis, sulit dipercaya bahwa Anda belum pernah mendengar tentang buah leci. Selain itu, sama sulitnya melindungi kulit Anda dari debu dan sinar UV di negara tropis.

Vitamin C dari leci adalah nutrisi yang ramah kulit. Untuk memiliki tekstur yang halus dan warna kulit yang merata, ini adalah sumber utama yang harus dicari, dan leci kaya akan vitamin C.


6. Dapat Membantu Mencegah Hepatitis B

Biji leci telah dikenal sebagai pengobatan paling efektif kedua melawan virus hepatitis B dalam pengobatan herbal. Hepatitis B bisa dikendalikan dengan vaksinasi. Buah leci yang berasal dari keluarga Sapindaceae ini kaya akan senyawa polifenol. Kulit buahnya yang berupa cangkang merah dan bijinya bekerja efektif sebagai obat herbal.


7. Dapat Membantu Mengurangi Sunburn

Sunburns adalah bagian dari perjalanan Anda yang pulang tidak diinginkan. Kadang-kadang bisa terasa tidak nyaman, gatal, dan terbakar. 

Namun, dengan sifat antioksidan lengkeng untuk mengurangi stres oksidatif dan sifat anti-inflamasi, Anda dapat dengan mudah mengucapkan selamat tinggal pada sengatan matahari.

Meskipun mengkonsumsi leci secara oral bermanfaat, ini juga dapat membantu menyembuhkan sengatan matahari saat dioleskan ke area yang terkena.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro