Ilustrasi Youtube/Reuters
Entertainment

Cara Unduh Video YouTube Tanpa Aplikasi

Salma Permata Dewi
Sabtu, 15 Juli 2023 - 18:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa orang lebih suka mengunduh sesuatu di YouTube setelah menontonnya. Memilih mengunduh dibandingkan streaming memiliki berbagai alasan.

Dulu, kebanyakan orang mengunduh video YouTube untuk ditonton ulang. Hal ini disebabkan internet tidak secepat sekarang sehingga sulit untuk menonton video langsung di YouTube dengan nyaman.

Sekarang, beberapa orang mengunduh video YouTube untuk diedit kembali, sebagai referensi, atau diunggah ulang. Walaupun beberapa orang mungkin masih mengunduh video untuk ditonton ulang.

Untuk mengunduh video-video di YouTube, Anda bisa menggunakan beberapa cara, seperti menggunakan aplikasi. Namun, ada beberapa orang yang ingin mengunduh langsung tanpa menggunakan aplikasi.

Simak cara mengunduh video YouTube tanpa aplikasi:

1. Langsung di YouTube

Mengunduh video di YouTube bisa dilakukan di situs atau aplikasi YouTube langsung. Anda bisa memencet ‘Download’ atau ‘Unduh’ di bawah video YouTube yang diinginkan. Namun, akun YouTube harus premium terlebih dahulu untuk bisa mengunduh video.

Video yang diunduh juga tidak masuk ke dalam penyimpanan perangkat Anda, tetapi tetap di akun YouTube. Anda bisa menonton ulang tanpa koneksi internet di bagian ‘Downloads’ pada akun YouTube. Ini bisa dilakukan untuk menonton konten yang disukai tanpa menghabiskan data internet.


2. y2mate.com

Cara selanjutnya adalah menggunakan situs gratis yang ada di internet, salah satunya adalah y2mate. Di situs ini, Anda bisa memilih jenis atau format file yang ingin diunduh, seperti mp4 atau mp3. Selain itu, Anda juga bisa memilih resolusi yang diinginkan. Caranya juga mudah, yakni hanya menyalin dan menempel tautan video di kolom yang disediakan.


3. Savefrom.net

Situs gratis lainnya yang bisa digunakan untuk mengunduh video TikTok adalah Savefrom. Sama seperti y2mate, Savefrom juga bisa memilih format file atau resolusi yang diinginkan.

Bedanya, Savefrom memudahkan para pengguna dalam penyalinan tautan. Jika menambahkan ‘ss’ di depan tautan youtube.com (contoh: ssyoutube.com/contoh), Anda bisa langsung diarahkan ke situs Savefrom untuk mengunduhnya.


4. YTMP3

Sama seperti situs-situs sebelumnya, YTMP3 bisa memilih jenis atau format file yang ingin diunduh, seperti mp4 atau mp3. Bedanya, YTMP3 harus memilih formatnya terlebih dahulu sebelum menyalin tautan dan memencet ‘Konverter’. 


5. Ddownr

Cara kerjanya sama dengan situs gratis lainnya. Namun, situs ini tidak bisa mengunduh video yang memiliki hak cipta. Di situs ini juga memungkinkan pengguna mengunduh video dengan format .ZIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro