Ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar/Freepik
Relationship

5 Tip Cinta Menyelesaikan Konflik dengan Pasangan

Maretha Uli
Sabtu, 22 Juli 2023 - 17:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam hubungan percintaan, ketidaksepakatan adalah hal yang biasa terjadi. Setiap pasangan bisa berdebat, berbeda pendapat, dan berkonflik.

Namun, meski selalu terjadi, kedua pihak yang ingin mempertahankan hubungan akan mengatasi permasalahan ini terlebih dahulu. Jika konflik dibiarkan dan akar masalahnya tidak ditangani, risikonya bisa lebih besar. Konflik pada titik tertentu akan menjadi penyebab putusnya hubungan antara dua orang.

Namun, konflik tidak bisa dihindari selamanya. Anda harus melakukan sesuatu agar konflik tidak mengancam hubungan. Dilansir dari One Love Foundation dan situs motivator Tony Robbins, ada beberapa cara untuk memulihkan hubungan.

Simak tips menyelesaikan konflik dengan pasangan:


1. Fokus pada Hubungan

Saat berdebat dengan pasangan, sebaiknya Anda tidak hanya fokus pada diri sendiri, tetapi pada hubungan Anda. Ingat kembali tujuan hubungan yang Anda miliki dan ambil tindakan dari situ. Seringkali, sifat egois dalam hubungan menjadi akar konflik yang terjadi terus menerus.


2. Berkomunikasi

Kunci hubungan adalah komunikasi. Agar pasangan saling mengetahui apa yang dirasakan, keduanya harus mengatakannya lewat percakapan. Menyampaikan pikiran dan perasaan akan membantu Anda dalam membentuk hubungan yang sehat yang dilandasi pengertian dan rasa saling percaya.


3. Tetap Tenang

Apabila perdebatan mulai memanas, jaga ketenangan diri Anda. Jangan terbawa suasana sampai mengucapkan kata-kata yang bisa melukai hati pasangan. Fokuslah pada isu yang sedang dibahas, dan tidak perlu mengungkit hal lain yang tidak relevan. Konfrontasi yang agresif tidak akan menguntungkan Anda dan pasangan.


4. Selesaikan Masalah

Jika terjadi ketidaksepakatan antara Anda dan pasangan, cobalah untuk mengevaluasi kembali mengapa Anda tidak sepakat. Untuk mengatasi suatu perdebatan, penting untuk mengidentifikasi akar masalahnya. Tanyakan alasan pasangan Anda tidak sepakat dan utarakan pandangan Anda. Setelah itu, Anda bisa bersama mencari jalan tengah bagi keduanya.


5. Belajar Menerima

Keseimbangan dalam hubungan harus senantiasa dijaga karena hubungan itu bersifat dua arah. Belajarlah untuk menerima pasangan Anda apa adanya dan tidak perlu fokus pada kekurangannya. Anda bisa mengalah sesekali demi menjaga hubungan tetap harmonis. Tidak perlu mendominasi atau mengontrol pasangan Anda.


Jika Anda menerapkan hal-hal ini dalam perdebatan dengan pasangan, konflik akan lebih mudah dan lebih cepat diatasi. Lakukan tip di atas untuk menjaga hubungan Anda tetap harmonis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro