Kata-kata cinta
Relationship

Manfaat Love Language atau Bahasa Cinta dalam Hubungan Percintaan

Kresensia Kinanti
Senin, 24 Juli 2023 - 20:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Love language atau bahasa cinta menggambarkan cara orang menerima dan mengekspresikan cinta dalam suatu hubungan.

Love language pada dasarnya adalah bahasa cinta berupa tindakan, perilaku, maupun sikap yang membuat seseorang merasa dihargai dan disayangi.

Penulis dan pendeta Gary Chapman menjelaskan cara menggunakan bahasa-bahasa cinta ini untuk menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda peduli kepada mereka dengan cara yang menyentuh hati mereka.

Buku Chapman "The 5 Love Languages" pertama kali diterbitkan pada tahun 1992. Sebelum menulis buku tersebut, Chapman mulai memperhatikan pola-pola pada pasangan yang ia konseling. Dia menyadari bahwa pasangan-pasangan tersebut salah memahami kebutuhan satu sama lain.

Hal ini mendorongnya untuk menemukan lima bahasa cinta, atau cara-cara yang digunakan orang-orang dalam suatu hubungan untuk mengekspresikan cinta.

Melansir Verymell Mind, Senin (24/7/2023), berikut ini adalah 5 bahasa cinta yang perlu diketahui.

1. Words of Affirmation (kata-kata pujian)

"Words of affirmation" adalah tentang mengekspresikan kasih sayang melalui kata-kata yang diucapkan, pujian, atau penghargaan.

Ketika ini adalah bahasa cinta utama seseorang, mereka menyukai kata-kata yang baik dan dorongan, kutipan yang menggembirakan, catatan cinta, dan pesan teks yang lucu.

Anda dapat membuat hari orang ini menyenangkan dengan memuji mereka atau menunjukkan apa yang mereka lakukan dengan baik.

2. Quality Time (waktu yang berkualitas)

Seseorang dengan bahasa cinta ini menginginkan perhatian penuh. Mereka merasa dicintai jika Anda hadir dan fokus pada mereka saat Anda bersama atau melakukan kegiatan bersama.

Ini berarti meletakkan ponsel saat sedang bersama, melakukan kontak mata, dan secara aktif mendengarkan.

3. Physical Touch (sentuhan fisik)

Seseorang dengan sentuhan fisik sebagai bahasa cinta utama mereka merasakan cinta melalui kasih sayang fisik. Afeksi yang muncul di sini bukan lah sesuatu yang negative, melainkan perwujudan dari persaan sayang serta tulus yang diberikan oleh seseorang. Contoh love language physical touch antara lain berpelukan, genggaman, tepukan, elusan di kepala, dan berdekatan dengan orang tersayang.

4. Acts of Service (tindakan)

Acts of service adalah jenis love language dimana seseorang merasa dicintai melalui tindakan, bantuan, dan dukungan dari orang terkasih.

Misalnya menerima bantuan atau inisiatif membantu pekerjaan rumah, mengurus anak, memberikan bantuan di tempat kerja, ataupun menawarkan bantuan sebelum diminta.

Jika bahasa cinta utama pasangan Anda adalah acts of service, mereka akan memperhatikan dan menghargai hal-hal kecil yang Anda lakukan untuk mereka. Mereka cenderung melakukan hal yang sama untuk orang lain juga.

5. Receiving Gifts (penerimaan hadiah)

Bagi seseorang yang menggunakan dan merespons bahasa cinta ini, pemberian hadiah menunjukkan cinta dan kasih sayang. Mereka tidak hanya menghargai hadiah itu sendiri, tetapi juga waktu dan usaha yang dicurahkan oleh si pemberi hadiah.

Orang-orang dengan bahasa cinta ini sering kali dapat mengingat setiap hadiah kecil yang mereka terima dari orang yang mereka cintai karena hal tersebut memberikan dampak yang begitu besar bagi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro