Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi snorkeling di kawasan pesisir selatan Yogyakarta. /jamelatour.co.id
Travel

Ini Dia 5 Kota Paling Nyaman untuk Pensiunan di Indonesia

Mutiara Nabila
Selasa, 25 Juli 2023 - 19:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mempersiapkan masa pensiun bisa dimulai sejak mulai bekerja, sehingga saat pensiun tabungan sudah cukup untuk pindah ke lokasi yang lebih nyaman. 

Setelah bekerja di tempat penuh hiruk pikuk seperti di Jakarta, saat pensiun umumnya orang ingin tinggal di tempat yang lebih tenang dan nyaman. 

Namun, tak sekadar mencari lokasi yang tenang, infrastruktur yang bagus, lokasi strategis dari tempat-tempat untuk memenuhi kebutuhan seperti pusat belanja, dan biaya hidup juga harus menjadi pertimbangan untuk pindah ke kota itu saat pensiun. 

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah lima kota yang paling nyaman untuk ditinggali oleh para pensiunan di Indonesia:

1. Solo

Kota pertama yang bakal sangat nyaman bagi para pensiunan adalah Surakarta atau Solo. Kota ini dikenal dengan kehidupan masyarakatnya yang "slow living" atau tidak terburu-buru. 

Masyarakat di Solo juga dikenal ramah, udara sejuk, dan ditambah dengan biaya hidup yang cukup murah. Solo juga sudah memiliki layanan transportasi umum, fasilitas kesehatan, dan pusat-pusat perbelanjaan yang lengkap. 

2. Yogyakarta

Selain menjadi kota yang penuh dengan lokasi wisata, Yogyakarta juga nyaman untuk menjadi tempat tinggal bagi para pensiunan. 

Kota dengan julukan makanan khasnya, Gudeg, ini memiliki banyak tempat makanan enak dan dengan harga yang sangat murah. 

Yogyakarta juga dikenal dengan biaya hidupnya yang murah dan penduduknya yang ramah. 

3. Malang

Kota kecil di Jawa Timur ini juga menjadi lokasi tepat sebagai tujuan tempat tinggal para pensiunan. Hal ini melihat kelengkapan infrastrukturnya yang sudah memadai. 

Dengan udara yang sejuk dan suasana alam yang masih asri membuat kota ini sangat nyaman dijadikan tempat tinggal. Belum lagi, kota ini dekat dengan sejumlah tempat wisata seperti Batu dan Gunung Bromo.  

4. Purwokerto

Kota kecil di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini juga kerap menjadi pilihan untuk jadi tempat tinggal pensiunan. 

Kota yang tak pernah macet dan sibuk ini juga menjadi kota pelajar, sehingga biaya hidupnya tergolong murah. Purwokerto juga aman dan tenang, dan sudah lengkap dengan banyak tempat makan enak dan hiburan. 

5. Nagari Pariangan

Tak hanya di Pulau Jawa, salah satu desa yang didapuk jadi desa terindah di dunia Nagari Pariangan berlokasi 35 km dari Bukittinggi dan 95 km dari Padang.

Nagari Pariangan terkenal dengan bentangan sawah dan teraseringnya yang indah memanjakan mata. Udaranya yang masih segar juga membuat desa ini nyaman untuk menjadi tempat tinggal pensiunan.  

Dari lima kota di atas mana kota yang akan jadi pilihanmu saat pensiun? Ada kota tempat tinggalmu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro