Aneka jus buah dan sayur untuk kesehatan/Istimewa
Health

Benarkah Jus Buah Kurang Sehat?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 27 Juli 2023 - 18:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jus adalah minuman yang terbuat dari ekstraksi atau pemerasan cairan alami yang terkandung dalam buah dan sayuran.

Jus buah dan sayur saat ini menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan manfaat dari buah tapi dengan cara yang lebih cepat dan praktis.

Seperti diketahui jika buah mengandung banyak vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Namun, banyak orang yang mengira jika jus tidak lebih sehat dari buah, karena telah melalui proses pengolahan sebelum disajikan.

Richard Anthony, CEO & Presiden Direktur Re.juve mengatakan ada beberapa hal yang salah kaprah terkait jus buah yang selama ini dipercaya oleh masyarakat.

Pertama, katanya, jus buah dianggap kurang sehat dibandingkan buah aslinya. Terutama jika ditambahkan gula sebagai pemanis.

Bahkan ada beberapa yang mengatakan jus buah bisa membuat diabetes karena kandungan gulanya.

Menurut Richard jus juga memiliki rasa manis dari buah itu sendiri tanpa harus diberikan gula tambahan. Karena itu memang sebaiknya mengonsumsi jus tanpa gula akan lebih sehat untuk tubuh.

Kedua, katanya, jus dianggap tidak memiliki serat. Padahal, lanjutnya, jus juga masih kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh.

Asalkan, cara pembuatannya benar. Apalagi, jus yang merupakan mix sayur dan buah, karena seperti diketahui sayur memiliki kandungan serat yang tinggi.

Dia memaparkan sayuran merupakan makanan yang punya kandungan serat tertinggi, dan yang kedua adalah buah.

Jadi, jika keduanya dikombinasikan akan menghasilkan serat yang dibutuhkan tubuh.

"Dari produk Re.Juve saja, dari 250 ml jus Asian Green, mengandung 6 gram fiber. Sedangkan kebutuhan serat harian itu sekitar 30 gram per hari. Artinya ini sudah memenuhi 20 persen dari kebutuhan serat harian kita," paparnya ketika kunjungan ke Wisma Bisnis Indonesia, Kamis 27/07.

Richard juga membandingkan kadar serat dalam jus dan nasi yang dikonsumsi harian orang Indonesia. Dalam nasi, hanya mengandung 0,3 gram serat yang artinya jauh di bawah kandungan serat dalam jus sayur dan buah Re.Juve.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro