Ilustrasi traveling keliling dunia
Travel

Jenis Pakaian yang Sebaiknya Dihindari Saat Naik Pesawat

Maretha Uli Hutagalung
Sabtu, 29 Juli 2023 - 18:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perjalanan menggunakan pesawat memakan waktu yang relatif cukup panjang, terutama kalau tujuan Anda jauh. Agar perjalanan yang panjang tersebut tidak membosankan, maka orang-orang akan mencari cara agar mereka merasa nyaman.

Untuk kenyamanan tersebut, beberapa orang mungkin akan membawa bantal leher untuk tidur, earphone untuk mendengar musik, atau buku untuk dibaca saat di pesawat. Namun, kenyamanan yang terutama datang dari apa yang menempel pada tubuh Anda.

Pakaian yang dikenakan di pesawat pada dasarnya disesuaikan dengan selera setiap orang. Namun, beberapa jenis pakaian tertentu bisa membuat perjalanan tidak nyaman, terutama karena Anda diharuskan duduk selama berjam-jam.

Ini adalah beberapa jenis pakaian yang sebaiknya Anda hindari saat naik pesawat:

1. Bawahan berbahan jeans

Ganti dengan: celana panjang elastis

Duduk dengan kaki ditekuk untuk waktu yang lama akan membuat perut Anda tertekan oleh bahan jeans yang kaku. Selain itu, bahan jeans cenderung lebih berat dan akan membuat pergerakan Anda kurang nyaman.

Sebaiknya Anda menggunakan celana dengan bahan yang lebih lentur dan ringan, seperti celana cargo, celana panjang dari katun, atau jogger pants.

2. Atasan yang ketat

Ganti dengan: atasan nyaman dan ringan

Pakaian yang ketat akan membuat Anda sulit bergerak, terutama dalam perjalanan menggunakan pesawat. Sirkulasi darah dan pernapasan Anda juga bisa terganggu saat Anda berada di ketinggian dengan tekanan yang berbeda dari permukaan tanah.

Sebaiknya pilih atasan yang longgar, elastis, dan nyaman. Usahakan bahan yang bisa ditembus udara, seperti katun, sutra, wol, dan linen. 

3. Sepatu dengan tali atau gesper, heels

Ganti dengan: sepatu slip on 

Mungkin Anda ingin menggunakan sepatu yang cocok untuk liburan. Namun, sepatu dengan terlalu banyak detail justru akan menyulitkan pergerakan. Heels juga tidak tepat digunakan jika Anda mengantisipasi akan bergerak terburu-buru di bandara.

Sebaiknya gunakan sepatu yang ringan, nyaman, dan tertutup. Sandal juga tidak direkomendasikan karena mudah lepas dan tidak bisa melindungi kaki dari debu dan kotoran. 

4. Jepitan rambut

Ganti dengan: scrunchie atau ikat rambut berbahan kain

Jepitan rambut yang terbuat dari besi atau plastik akan mengganggu perjalanan Anda karena menyulitkan Anda saat hendak menyandarkan kepala. 

Sebagai gantinya, untuk menahan rambut Anda tetap rapi, Anda bisa menggunakan ikat rambut berbahan kain.

5. Jam tangan dan perhiasan besar

Ganti dengan: aksesori sederhana

Perhiasan berbahan logam mungkin akan membuat Anda tertahan lama saat pengecekan oleh keamanan. Selain itu, benda berbahan logam dengan ukuran lebih besar bisa terdeteksi sebagai benda tajam. 

Jika Anda ingin menggunakan perhiasan, gunakan yang berbahan emas atau perak dengan bentuk yang sederhana. Perhiasaan lainnya bisa Anda simpan untuk digunakan setelah perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro