Ilustasi perempuan mengaplikasikan skincare wajah/Freepik
Health

Tips Pakai Skincare, Cegah Kesalahan Saat Menggunakan Retinol

Maretha Uli
Senin, 7 Agustus 2023 - 13:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Retinol adalah kandungan bahan aktif yang digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat. Namun, penggunaan yang salah justru bisa merusak kulit.

Dilansir dari Women’s Health pada Senin (7/8/2023), retinol terkenal dengan manfaatnya bagi kecantikan. Sebagai turunan dari vitamin A, retinol bisa menjaga kulit agar terhindar dari tanda penuaan, meratakan warna kulit, melembabkan kulit, dan mengatasi jerawat.

Terlepas dari kegunaannya, bahan aktif dalam skincare yang mengandung retinol membuat kandungan ini tidak boleh dipakai sembarangan. Efek samping penggunaan retinol yang tidak tepat adalah kulit kering, kemerahan, gatal, dan iritasi.

Untuk menghindari efek samping, penggunaan retinol harus dilakukan dengan berhati-hati tanpa kesalahan. Menurut Real Simple (7/8/2023), berikut adalah kesalahan yang bisa terjadi saat menggunakan retinol.

1. Menggunakan Retinol di Pagi Hari

Penggunaan retinol yang tepat adalah saat malam hari, sesaat sebelum tidur. Hindari menggunakan retinol saat hari masih siang. 

Kandungan turunan vitamin A dalam retinol mudah terurai saat terkena sinar matahari. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan akan sengatan sinar matahari. 


2. Tidak Menggunakan Sunscreen 

Sunscreen adalah produk perawatan kulit esensial, terutama saat Anda beraktivitas di siang hari. Sunscreen juga penting digunakan ketika Anda menggunakan retinol. 

Penggunaan sunscreen secara rutin setiap pagi sangat disarankan untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Aplikasikan kembali sunscreen di siang hari dan setiap kali Anda membutuhkannya. 

3. Kulit Lembap atau Basah

Kondisi kulit lembap atau basah tidak ideal untuk pengaplikasian retinol. Kulit yang lembap bisa meningkatkan risiko iritasi. 

Untuk itu, Anda perlu memastikan kulit wajah dalam keadaan kering sebelum menggunakan retinol. Tunggu setidaknya dua menit sebelum mengaplikasikan produk retinol. 


4. Mencampur dengan Bahan Aktif Lain

Retinol bukan satu-satunya produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan aktif. Namun, penggunaan retinol bersama produk dengan bahan aktif lain seperti AHA dan BHA tidak disarankan.

Bahan aktif yang berlebihan pada kulit bisa menimbulkan efek buruk pada kulit, bahkan sampai membuat kulit mengelupas.


5. Menggunakan Terlalu Banyak

Dermatologis tidak menyarankan pengaplikasian terlalu banyak produk retinol dalam sekali pemakaian. Penggunaan yang terlalu banyak tidak akan membuat hasilnya lebih bagus.

Terlalu banyak retinol justru akan meningkatkan potensi iritasi dan membuat kulit kering. Oleh sebab itu, gunakan retinol secukupnya saja.


6. Menggunakan Terlalu Sering

Penggunaan retinol yang disarankan adalah hanya dua sampai tiga kali dalam seminggu. Anda tidak akan mendapatkan hasil instan jika menggunakan retinol lebih dari itu.

Penggunaan terlalu sering justru bisa berdampak buruk. Kulit Anda bisa mengalami iritasi dan kerusakan permukaan kulit. 


7. Tidak Konsisten

Disiplin dan rutin adalah kunci dari perawatan kulit. Mungkin pada beberapa minggu pertama, Anda belum melihat perubahan pada kulit Anda. Namun, hal itu tidak berarti retinol yang Anda gunakan tidak bekerja.

Retinol bekerja dalam waktu yang lebih lama, yakni lebih dari sebulan. Untuk itu, penggunaan jangka panjang dan rutin akan memberikan hasil maksimal.


8. Menggunakan Jenis yang Salah

Retinol bervariasi dari segi kekuatan, kandungan, dan manfaatnya. Jika Anda salah memilih retinol untuk masalah kulit Anda, Anda tidak akan mendapat hasil yang diharapkan. 

Contohnya adalah retinol dengan formula 0,3% bisa jadi lebih efektif daripada formula 1% untuk Anda. Untuk hasil maksimal, konsultasikan masalah kulit Anda dengan ahli dan minta saran jenis retinol yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro