Polusi udara Jakarta. Gambar diambil menjelang Asian Games tahun lalu./Reuters
Health

Lakukan 10 Kebiasaan Ini untuk Mengurangi Polusi Udara

Kresensia Kinanti
Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Polusi udara adalah masalah lingkungan yang umum terjadi di perkotaan.

Kualitas udara yang buruk tentu tidak boleh diabaikan karena akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari iritasi mata, ganguan pernapasan, kanker, bahkan kematian.

Penanggulangan pencemaran lingkungan ini memang tidak bisa dilakukan hanya sekali atau dua kali. Butuh rencana jangka panjang dan perubahan besar dari sisi regulasi maupun perubahan gaya hidup banyak orang.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi polusi udara.

1. Menggunakan transportasi umum

Gas pembuangan dari kendaraan bermotor, seperti mobil, motor, bus, dan truk adalah salah satu sumber polusi udara.

Menggunakan transportasi umum adalah cara untuk mengurangi polusi udara karena dapat mengurangi emisi bahan bakar dan gas. Lebih sedikit kendaraan di jalan raya akan berkontribusi pada emisi yang lebih rendah.

2. Matikan lampu saat tidak digunakan

Pembangkit listrik menggunakan bahan bakar fosil, yang berkontribusi secara signifikan terhadap polusi udara. Mengurangi konsumsi listrik dengan mematikan lampu jika tidak digunakan dapat membantu untuk menghemat energi.

3. Recycle dan Reuse

Konsep daur ulang dan penggunaan kembali tidak hanya berguna untuk menjaga sumber daya, tetapi juga membantu mengurangi polusi udara karena membantu mengurangi emisi polusi.

Ketika kita menggunakan kembali sebuah produk, seperti botol air, kita akan mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh pembakaran sampah di tempat pembuangan sampah. Racun berbahaya lainnya yang dikeluarkan oleh TPA juga akan berkurang.

4. Mengurangi penggunaan plastik

Penggunaan produk plastik dapat sangat berbahaya bagi lingkungan karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai. Penggunaan kantong kertas merupakan alternatif yang lebih baik karena mudah terurai dan dapat didaur ulang.

5. Hindari membakar sampah dan berhenti merokok

Mengumpulkan sampah dan membakarnya atau daun-daun kering yang terbakar merupakan faktor yang sangat besar dalam menyebabkan polusi udara. Selain itu, merokok juga menyebabkan polusi udara dan menyebabkan kualitas udara memburuk dan tentu saja merusak kesehatan.

6. Menggunakan kipas angin sebagai pengganti AC

Penggunaan AC membutuhkan banyak energi dan memancarkan banyak panas yang berdampak buruk bagi lingkungan. AC juga membutuhkan banyak daya dan energi untuk bekerja dibandingkan dengan kipas angin.

7. Menerapkan “Go Green”

"Go Green" berarti mempraktikkan gaya hidup yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara ekologis untuk membantu melindungi lingkungan dan mempertahankan sumber daya alam.

Kampanye ini mengharuskan kita untuk memilih gaya hidup yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Hal ini membantu meminimalkan polutan yang masuk ke dalam tanah, saluran air, dan udara.

8. Menanam pohon

Menanam pohon akan membantu kita mendapatkan udara segar yang kita butuhkan. Pohon meningkatkan kualitas udara dengan menyerap karbon dioksida dan menghasilkan O2 melalui fotosintesis.

Melakukan penghijauan adalah salah satu cara paling dasar untuk mengurangi polusi udara. Menanam pohon, pertanian organik, tanaman dalam ruangan, dan lain-lain dapat membantu menghilangkan polutan dari udara.

9. Memanfaatkan Energi Surya

Tenaga surya dapat menghemat banyak energi dan juga dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Energi surya, sebagai sumber energi yang berkelanjutan, memainkan peran penting dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Energi surya dapat membantu meningkatkan kualitas udara dan meminimalkan penggunaan air yang terkait dengan produksi energi.

10. Menggunakan sepeda atau jalan kaki

Ketika akan berpergian dalam jarak dekat, sebaiknya cukup menggunakan sepeda atau jalan kaki. Selain tidak menghasilkan polusi, kedua kebiasaan ini juga baik untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro