llustrasi susu segar/Freepik
Health

Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Saat Minum Susu

Novita Sari Simamora
Rabu, 16 Agustus 2023 - 19:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Susu adalah salah satu nutrisi pelengkap dalam asupan sehari-hari. Namun, susu yang dikonsumsi dengan beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama pencernaan.

Dilansir dari The Wellness Corner, Rabu (16/8/2023), susu memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin dan mineral yang cukup bagus. Susu juga memberikan protein berkualitas bagi tubuh. Kasein dan protein whey adalah dua jenis protein utama yang ditemukan di dalamnya. Minum susu juga meningkatkan kesehatan tulang dan membuatnya lebih kuat. Bahkan dapat mencegah penyakit tulang tertentu seperti osteoporosis.

Dilansir dari Times of India, nutrisi penting yang terkandung ada protein, kalsium, vitamin A, B-6, D, K, fosfor, magnesium, yodium, dan banyak lagi. Menggabungkan makanan yang berbeda dengan susu dapat menambah nilai gizi tertentu. Namun, tidak semua kombinasi makanan berjalan dengan benar. Beberapa dapat menyebabkan kelelahan, sakit perut, gas, atau ketidaknyamanan. 

Beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi dengan susu:

1. Dadih

Dadih merupakan produk susu fermentasi dari susu sapi, kambing, kerbau, atau lainnya. Susu dan dadih tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Kedua gabungan ini bisa menyebabkan masalah yang berhubungan dengan perut dan pencernaan.


2. Buah sitrus

Buah sitrus, seperti jeruk dan lemon, tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan susu. Ini menyebabkan Anda mengalami muntah atau sakit perut. Jika harus minum susu, Anda bisa mengonsumsi susu minimal 2 jam setelah makan buah sitrus.


3. Pisang

Pisang dan susu merupakan kombinasi yang sering ditemukan dan dianggap sehat. Padahal, ini merupakan kombinasi yang sangat berak dan bisa membuat kelelahan. Pisang dan susu membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh. 


4. Gula merah

Ada beberapa olahan gula merah dengan susu, seperti di wilayah Dieng. Ternyata, gula merah dan susu bisa menyebabkan masalah kesehatan. Ada kemungkinan Anda mengalami sakit perut karena mengonsumsi kombinasi ini.


5. Ikan

Susu dan ikan tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Kombinasi ini bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti keracunan makanan dan sakit perut. Selain masalah pencernaan, Anda bisa terkena masalah kulit. 


6. Makanan pedas

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam di perut. Jika digabungkan dengan susu, itu dapat menyebabkan masalah pencernaan bagi sebagian orang. Makanan pedas yang berat dengan susu dapat meningkatkan risiko refluks asam atau gangguan pencernaan.


7. Cemilan asin

Cemilan asin, seperti keripik, bisa membuat haus. Namun, susu yang dijadikan minuman penghilang haus ini dapat menyebabkan masalah. Saat mengonsumsi susu, kandungan garam yang tinggi pada camilan dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Kombinasi ini dapat menyebabkan kembung.


8. Makanan tinggi protein

Susu adalah sumber protein yang baik. Namun, susu yang dikonsumsi bersamaan dengan makanan berprotein tinggi, seperti telur atau daging, dapat membebani sistem pencernaan. Kombinasi ini bisa sulit dicerna dan menyebabkan gangguan pencernaan. 

Cara paling sederhana dan terbaik untuk minum susu adalah tidak dikombinasikan dengan apapun. Namun, ada beberapa makanan yang bisa dan aman dipasangkan dengan susu. Berikut adalah contoh-contohnya.

- Madu atau gula

- Kayu manis, kapulaga, kesar, pala, atau kopi

- Sereal seperti nasi/ragi/sagu: Kombo ini bergizi dan keduanya dapat dicerna dengan baik bersama-sama.

- Kacang-kacangan seperti almond dan kenari: Kacang adalah lemak sehat dan juga meningkatkan tingkat energi.

- Roti: Roti mudah dicerna dengan susu

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro