Siklus menstruasi
Health

Simak Makanan yang Mengurangi Nyeri Haid

Maretha Uli
Senin, 14 Agustus 2023 - 21:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap kali mengalami siklus menstruasi, sebagian perempuan akan mengalami rasa nyeri pada perut yang disebut menstrual cramp atau nyeri haid. 

Intensitas nyeri haid pada tiap orang akan berbeda-beda. Rasa sakit bisa muncul pada perut bagian bawah, punggung bagian bawah, selangkangan, dan paha atas, dilansir dari Medical News Today (14/8/2023).

Pada saat menstruasi, otot rahim akan berkontraksi untuk meluruhkan darah dari dinding rahim. Kontraksi inilah yang menimbulkan rasa sakit di sekitar perut. Oleh sebab itu, rasa nyeri ini, sampai tahap tertentu, adalah gejala yang umum terjadi, terlebih pada usia muda, menurut Verywell Mind (14/8/2023).

Untuk mengatasi rasa sakit, saat ini tersedia obat-obatan yang bisa mengurangi nyeri akibat menstruasi. Namun, opsi makanan sehat bisa dipertimbangkan sebagai bagian dari diet sehat yang secara natural bisa meringankan nyeri haid. 

Intensitas nyeri haid juga dipengaruhi oleh kebiasaan makan dan kesehatan tubuh secara umum. Untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi, Anda bisa mencoba menjaga pola makan yang sehat. 

Makanan yang dianjurkan Times of India (14/8/2023) untuk mengurangi nyeri haid:

1. Sayuran

Sayuran secara umum baik untuk kesehatan dan daya tahan. Untuk mengurangi nyeri haid, pilih sayuran yang kaya akan kalsium dan magnesium seperti bayam, kale, brokolo, kubis, dan bunga kol.

2. Makanan Tinggi Air

Makanan yang secara alami tinggi air adalah buah-buahan seperti semangka dan mentimun. Makanan kaya air akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu meringankan sakit kepala.

3. Ikan

Ikan sebagai sumber zat besi, protein, dan asam lemak omega-3 adalah makanan yang bagus dikonsumsi menjelang menstruasi.

makanan untuk meredakan nyeri haid
makanan untuk meredakan nyeri haid

4. Kunyit

Kunyit adalah rempah yang memiliki kemampuan menyembuhkan dan mencegah peradangan. Kunyit adalah bahan makanan yang bagus untuk mengurangi nyeri dan gejala menstruasi lainnya.

5. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang bagus untuk melancarkan metabolisme tubuh dan juga melindungi tubuh dari infeksi saat siklus menstruasi.

6. Telur

Sama seperti ikan, telur kaya akan omega-3 dan juga vitamin dan mineral lainnya yang berkhasiat untuk meringankan sakit akibat menstruasi.

7. Dark Chocolate

Makanan ini biasa dikonsumsi saat menstruasi karena mengandung banyak magnesium yang bisa membantu mengurangi nyeri haid. 

8. Kacang-Kacangan 

Kacang-kacangan adalah sumber alami protein selain ikan dan telur yang kaya akan magnesium, dan asam lemak omega-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro