Festival Toja Me akan dilaksanakan di Flores, Nusa Tenggara Timur
Travel

Festival Budaya Toja Me Digelar di Flores

Redaksi
Jumat, 18 Agustus 2023 - 16:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Festival Toja Me akan diadakan di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 25 Agustus 2023 untuk memperkenalkan budaya NTT kepada wisatawan.

Festival Toja Me merupakan Festival pertama yang diadakan di Kabupaten Sikka tepatnya di Kecamatan Lela, yang bersumber dari dana Indonesiana program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

Ketua Panitia Festival Toja Me, Quintus Ebang mengungkapkan bahwa event ini akan melibatkan komunitas-komunitas budaya, komunitas anak muda, pelajar dan UMKM di Kabupaten Sikka. Tercatat 20 UMKM, perwakilan pelajar yang akan menampilkan tarian hegong kolosal dan 15 sanggar atau komunitas budaya turut ambil bagian memeriahkan festival Toja Me.

Masyarakat, pemerintah dan komunitas anak muda sangat antusias mempersiapkan segala sesuatu menyonsong event ini. Persiapan telah dilakukan sejak bulan Maret 2023 hingga saat ini. Panitia juga membuat akun Instagram @festivaltojame dan laman Facebook festival toja me, dengan tujuan promosi dan informasi seputar festival.

"Sasarannya festival ini dapat mendatangkan wisatawan baik domestik maupun nondomestik sebanyak-banyaknya untuk memperkenalkan kebudayaan serta sektor-sektor yang ada di Kabupaten Sikka, Flores NTT," ungkapnya saat dihubungi, Jumat (18/8/2023).

Nah, bagi kamu yang berlibur atau punya rencana liburan di Flores bulan Agustus ini, kamu bisa mendatangi festival Toja Me. Kamu akan menyaksikan pertunjukan-pertunjukan dan pameran-pameran khas dari Kabupaten Sikka, Flores-NTT. 

Berikut berbagi pertunjukan yang akan digelar pada Festival Toja Me:

1. Kleteng Latar atau Huler Wair

Acara pembukaan, yaitu pantun adat dan juga acara penyambutan para tamu.


2. Pawai Budaya

Dalam pawai ini, setiap wilayah akan membawakan kekhasannya masing-masing baik berupa tarian, pakaian, makanan adat, ataupun musik dan lagu. Rombongan pawai akan melewati jalan di lokasi festival.


3. Tarian Hegong Kolosal.

Kurang lebih 100 penari disiapkan untuk mementaskan tarian adat kabupaten Sikka, yaitu tarian hegong. Tarian ini biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu, dengan gembira dan sorak sorai.


4. Tarian Ie

Tarian Ie biasanya ditarikan oleh sekelompok orang dengan membentuk lingkaran sambil menyanyikan lagu Ie dan memainkan alat musik yang terbuat dari bambu.


5. Musik Kampung

Lantunan musik Kampung juga akan dipentaskan dan akan menghibur penonton. Musik Kampung menggabungkan berbagai alat musik dan dikolaborasikan menjadi satu kelompok musik yang menghibur.


6. Kekor Gedang

Kekor Gedang adalah pertunjukan musik suling dan gendang.


7. Tarian Toja Me

Tarian Toja Me merupakan tarian puncak dari festival. Tarian ini mempunyai cerita yang mendalam tentang keluarga dan acara penyambutan bayi.

Selain pertunjukan, festival Toja Me juga menghadirkan UMKM lokal yang penjajakan produk- produk khas. Tentunya segala produk UMKM pada festival ini tetap membawa nuansa budaya. Banyak kerajinan tangan dari tenun , bahan alam dan juga makanan-makanan khas akan dijajakan pada stand-stand UMKM festival Toja Me.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin melihat lebih jauh,jangan lupa datang dan ikuti Festival Toja Me pada tanggal 25 Agustus 2023 di Lapangan Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro