Mona Lisa
Entertainment

Deretan Lukisan Termahal Sepanjang Sejarah, Ada Seharga Rp12,5 T

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 20 Agustus 2023 - 16:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lukisan merupakan salah satu koleksi bernilai tinggi yang umumnya diminati para kaum elit.

Harga lukisan sendiri, bisa mencapai hingga miliaran rupiah.

Pasalnya, sebuah karya seni seperti lukisan bisa menjadi bisnis yang rumit, karena harga dapat berfluktuasi secara liar tergantung pada tren pasar.

Namun, ada sejumlah seniman yang karya seninya akan selalu begitu dihargai, sehingga nilainya tetap stabil dan tidak terbantahkan, dan hampir tidak mungkin untuk membelinya.

Dari benda-benda yang sangat langka dan bernilai tinggi ini, hanya ada beberapa yang mencapai puncak tertinggi pasar seni, mencapai nilai ratusan juta dolar.

Berikut 4 lukisan termahal sepanjang sejarah dilansir dari thecollector

1. Mona Lisa, oleh Leonardo da Vinci, 1503

Deretan Lukisan Termahal Sepanjang Sejarah, Ada Seharga Rp12,5 T

Mona Lisa yang terkenal karya Leonardo da Vinci telah menjadi milik koleksi Museum Louvre di Paris sejak 1804, dan merupakan daya tarik bintang yang menarik ribuan turis setiap tahun.

Lukisan itu milik orang Prancis secara hukum, yang akan membuat lukisan itu sangat sulit untuk dijual. 

Namun, ketika Mona Lisa diasuransikan pada tahun 1962, nilainya mencapai US$100 juta atau Rp1,5 triliun.

Perkiraan baru-baru ini, dengan mempertimbangkan inflasi, menunjukkan lukisan itu akan bernilai lebih dari US$834 juta atau Rp12,5 triliun menurut standar saat ini.

Sementara itu, pada tahun 2020, ketika pengusaha Prancis Stephane Distinguin berpendapat bahwa Prancis dapat menjual Mona Lisa untuk membantu negara pulih dari dampak bencana pandemi, dia memperkirakan nilainya bisa mencapai US$50 miliar Rp750 triliun.

Ini mengingat jumlah pendapatan yang dihasilkan negara melalui pariwisata. Tapi jumlahnya yang terlalu tinggi sebagian besar didiskreditkan oleh para ahli seni.

2. Salvator Mundi oleh Leonardo da Vinci, 1490-1500

Deretan Lukisan Termahal Sepanjang Sejarah, Ada Seharga Rp12,5 T

Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci terjual di lelang Christie di New York pada 2017 seharga US$450 juta ata Rp6,5 triliun.

Salah satu penyebab tingginya nilai lukisan tersebut adalah karena lukisan tersebut menghilang selama 200 tahun, sebelum ditemukan kembali pada tahun 2005, dalam keadaan rusak parah dan perlu direstorasi.

Dua dealer New York yang menemukan lukisan itu membayar US$1.175 atau Rp17,6 juta pada lelang seni yang tidak jelas di New Orleans, sebelum membawanya ke pemulih seni terkenal Dianne Modestini.

Dialah yang mampu mengenali karya seni tinggi itu, setelah membuang kotoran yang menempel di lukisan itu selama ratusan tahun, bahwa lukisan itu kemungkinan besar dilukis oleh Leonardo.

Lukisan itu dibeli oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Sheikh Mohammed bin Salman Al Saud. Terlepas dari ketenarannya, lukisan itu belum pernah ditampilkan di koleksi museum mana pun, meskipun rumor menyebutkan kemungkinan besar lukisan itu akan dipajang di Louvre Abu Dhabi.

Lukisan Itu Mungkin Bukan Leonardo Asli. Salvator Mundi dipajang sebelum lelang 2017.

Salvator Mundi karya Leonardo Da Vinci dipajang sebelum lelang tahun 2017, lukisan termahal yang dijual kepada pembeli pribadi.

Masih ada beberapa perdebatan di antara para sarjana mengenai apakah lukisan itu diselesaikan oleh Da Vinci sendiri, atau salah satu muridnya yang paling berbakat.

Para ahli menyarankan komposisi lukisan itu berbeda dari gaya master Renaisans.

Satu analisis oleh Louvre pada tahun 2018 menunjukkan bahwa tangan dan lengan mungkin telah dilukis oleh Leonardo, tetapi masih menjadi subjek penelitian. Namun, spekulasi tersebut tidak banyak membantu meredam kegembiraan seputar nilai karya seni.

3. Interchange oleh Willem de Kooning, 1955

Deretan Lukisan Termahal Sepanjang Sejarah, Ada Seharga Rp12,5 T

Lukisan paling berharga ketiga sepanjang masa merupakan mahakarya Ekspresionis Abstrak oleh pelukis sekolah New York Willem de Kooning.

Pada bulan September 2015, lukisan De Kooning berjudul Interchange, dijual selama penjualan pribadi dari David Geffen kepada Kenneth C. Griffin, CEO dari hedge fund Citadel seharga US$300 juta atau Rp4,5 triliun, menjadikannya karya seni modern paling berharga di dunia.

Lukisan tersebut saat ini dipinjamkan ke Institut Seni Chicago, yang berarti anggota masyarakat masih dapat menikmati contoh mencolok dari gaya ekspresionis De Kooning yang dewasa ini.

4. The Card Players oleh Paul Cezanne, 1894-5

Deretan Lukisan Termahal Sepanjang Sejarah, Ada Seharga Rp12,5 T

Diakui sebagai 'bapak seni modern', karya seni Paul Cezanne adalah taruhan yang aman selama penjualan seni, seringkali mencapai jutaan.

Dia membuat empat versi berbeda dari The Card Players, tiga di antaranya ditempatkan di koleksi museum publik utama. Versi khusus ini dibeli pada tahun 2011 oleh Keluarga Kerajaan Qatar dengan harga US$288 juta atau sekitar Rp4,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro