Anak-anak berenang di kolam renang/Hello Sehat
Health

Berlari vs Berenang: Mana yang Lebih Banyak Membakar Kalori?

Redaksi
Rabu, 23 Agustus 2023 - 12:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Berenang dan berlari adalah olahraga yang cukup populer. Keduanya merupakan bentuk latihan kardiovaskular yang sangat baik. 

Berenang dapat meningkatkan detak jantung, memperkuat dan mengencangkan otot-otot tubuh bagian atas dan bawah, serta membakar kalori.  

Berlari dapat mengencangkan tubuh bagian bawah, membakar kalori dan, karena dianggap sebagai latihan beban, berlari juga membantu mencegah keropos tulang.

Dengan merangsang pertumbuhan otot dan memperkuat otot kaki, berlari dapat meningkatkan kepadatan tulang melalui proses yang disebut bone loading

Berenang dan berlari merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kebugaran kardio dan membakar kalori. Namun, mana yang lebih banyak membakar kalori? 

Tentu saja, ada banyak faktor yang berperan, mulai dari kecepatan, lama latihan, dan jenis lari atau berenang yang dilakukan. 

Mana yang lebih banyak membakar kalori?

Ketika berbicara mengenai jumlah kalori yang dapat anda bakar saat berenang atau berlari, pertama-tama yang harus dipahami adalah pembakaran kalori didasarkan pada beberapa faktor.

Perlu diingat bahwa, seperti halnya olahraga apa pun, pembakaran kalori bergantung pada banyak variabel, termasuk intensitas, lama latihan, dan faktor biologis seperti usia, berat badan, jenis kelamin, hormon, dan lainnya. 

Mengenai pembakaran lemak, latihan interval adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa seseorang dapat membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh NutriStrategy menunjukkan bahwa berlari dan berenang sebanding dalam jumlah kalori yang dikeluarkan. Berenang dengan gaya bebas selama 30 menit dapat membakar kalori yang sama banyaknya dengan berlari di atas treadmill dengan kecepatan 6,5 km per jam selama 30 menit.

Apa keuntungan dari berenang?

1. Melatih persendian

Salah satu keuntungan utama berenang adalah melatih persendian. Hal ini menjadi keuntungan terutama bagi penderita osteoartritis, artritis reumatoid, atau kondisi lain yang menyebabkan nyeri sendi. 

2. Olahraga aman bagi anda yang baru pulih dari cedera

Berenang juga merupakan pilihan yang baik bagi orang yang baru pulih dari cedera, terutama cedera pada bagian bawah. Daya apung air memberikan lebih banyak dukungan untuk otot dan persendian dibandingkan dengan berolahraga di darat. 

3. Membakar kalori

Berbagai macam gaya yang bisa dilakukan saat berenang dapat membantu untuk membakar kalori dalam tubuh. 


Apa saja keuntungan dari berlari?

1. Membakar kalori

Berlari adalah salah satu olahraga yang tepat untuk membakar kalori. Semakin cepat anda berlari, semakin banyak kalori yang terbakar. 

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Berlari memungkinkan anda meningkatkan kepadatan tulang. Joging, berjalan kaki, dan mendaki adalah aktivitas pembentuk tulang terbaik, karena mengharuskan anda bergerak melawan gravitasi.

3. Mudah dilakukan

Tidak seperti berenang yang membutuhkan kolam renang, berlari hanya membutuhkan sepasang sepatu dan tempat yang memungkinkan atau bisa dilakukan di atas treadmill.

4. Mendapatkan vitamin D

Jika dilakukan di luar ruangan, berlari juga akan memberikan bonus vitamin D dari matahari. Ingatlah untuk memakai tabir surya dan hindari berlari antara pukul 10.00 hingga 15.00, saat sinar matahari sedang kuat-kuatnya. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro