Anak-anak sedang belajar berenang/Swim School
Health

Tips Mengeluarkan Air dari Telinga Setelah Berenang

Maretha Uli
Rabu, 9 Agustus 2023 - 18:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat berenang, air sering sekali masuk ke dalam lubang telinga sehingga ini menyebabkan gangguan mendengaran sementara.

Telinga adalah salah satu organ tubuh yang tidak memiliki sistem reaksi membersihkan sendiri secara alami, seperti bersin saat hidung menghirup debu atau batuk saat tenggorokan tersedak.

Oleh sebab itu kotoran atau partikel lain yang masuk ke telinga perlu dikeluarkan secara rutin, termasuk air yang bisa masuk saat berenang atau aktivitas air lainnya.

Dilansir dari Health (9/8/2023), masuknya air ke dalam telinga seringnya tidak berbahaya, tetapi tetap memiliki risiko terhadap pendengaran. Suara bisa teredam karena adanya air dalam saluran telinga. Namun, apabila air tidak dikeluarkan, bisa menimbulkan infeksi telinga yang disebut “swimmer’s ear” atau otitis externa.

Untuk menghindari air masuk ke dalam telinga, sebaiknya Anda menggunakan penyumbat telinga saat berenang atau melakukan aktivitas di air. Selain itu, hindari menggunakan earphone saat berkeringat agar keringat dari telinga tidak bertahan di dalam.

Namun jika air sudah terperangkap di dalam telinga, Anda perlu segera mengeluarkannya. Merangkum berbagai sumber, berikut adalah tips mengeluarkan air dari telinga.

1. Memiringkan Kepala
Cara pertama dan yang paling mudah adalah dengan memiringkan kepala agar air bisa mengalir ke luar. Miringkan kepala ke arah telinga yang dimasuki air, lalu tunggu sampai air mengalir keluar.

Untuk mempercepat, Anda juga bisa mengguncang kepala agar air bisa bergerak keluar dari telinga. Kepala sebaiknya diguncangkan kepala dalam posisi miring.

2. Membuat Vakum
Jika air tidak keluar setelah Anda memiringkan kepala dan mengguncangnya, Anda bisa melakukan cara ini.

Tutup telinga dengan telapak tangan dengan rapat sampai tidak ada celah. Lalu, tekan dan tarik tangan dari arah telinga dengan cepat. Ratakan telapak tangan dengan telinga saat menekan, lalu tangkupkan saat menarik.

Gerakan ini akan menciptakan vakum yang menghasilkan tarikan dari luar telinga. Miringkan kepala Anda untuk memudahkan air keluar.

3. Gunakan Pengering Rambut
Air di dalam telinga juga bisa diuapkan menggunakan pengering rambut. Arahkan pengering rambut ke telinga yang kemasukan air dalam jarak sekitar 30 cm. Atur pengering pada suhu terendah.

4. Masukkan Lebih Banyak Air
Meskipun tidak masuk akal, cara ini terbukti bisa membantu mengeluarkan air dari telinga.

Caranya adalah dengan meneteskan air ke dalam telinga yang bermasalah. Setelah lima detik, miringkan kepala agar telinga menghadap bawah. Seluruh air akan mengalir keluar.

5. Jangan Menggunakan Objek Lain
Salah satu kesalahan saat hendak mengeluarkan air dari telinga adalah menggunakan jari atau cotton buds. Memasukkan objek ke dalam telinga justru akan mendorong air semakin masuk ke dalam telinga, bahkan melukai saluran dan gendang telinga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro