Batuk/fastpaceurgantcare.com
Health

5 Tips Mengobati Batuk Karena Polusi Udara

Hesti Puji Lestari
Minggu, 27 Agustus 2023 - 08:22
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Polusi udara menyebabkan berbagai masalah pernapasan bagi mereka yang menghirupnya. Salah satu masalah pernapasan yang muncul adalah batuk.

Polusi udara didefinisikan sebagai adanya zat berbahaya di atmosfer atau gas yang ada di udara.

Kondisi ini disebabkan oleh polutan dalam emisi mobil, partikel debu, pelepasan bahan kimia dari proses manufaktur dan urbanisasi, dan dari spora jamur yang mungkin tersuspensi di udara. 

Buat kamu yang tinggal di kota besar dengan indeks kualitas udara buruk, maka kamu wajib hati-hati. Sebab kemungkinan kamu menderita batuk sangatlah besar.

Batuk adalah refluks yang tiba-tiba dan kuat yang membersihkan tenggorokan dari lendir (cairan normal, licin, dan berserabut di hidung) atau benda asing. 

Meskipun batuk bukanlah masalah kesehatan yang serius, batuk apa pun yang berlangsung lebih dari 3 minggu (disebut batuk kronis), dapat menyebabkan penyakit pernapasan yang serius. 

Dilansir dari jurnal kesehatan Oxford, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengobati batuk karena polusi uadara.

1. Minum teh jahe atau teh madu

Teh jahe dan madu adalah pengobatan rumahan kuno untuk bisa membantu tenggorokan kamu melawan iritasi akibat polusi udara.

Kamu bisa menyeduh teh sembari menambahkan sekitar 20-40 gram irisan jahe ke dalam secangkir air panas. Biarkan terendam selama sekitar 5 menit lalu tambahkan madu sesuai kebutuhan.

2. Gunakan masker saat keluar rumah

Mengenakan masker dapat mengurangi dampak paparan polusi udara dalam jangka pendek. Masker wajah menyaring partikel di udara dan bertindak sebagai pelindung terhadap polutan udara berbahaya.

Masker dengan peringkat N95 diketahui menyaring sekitar 95% partikel di udara. Masker bedah atau medis dan masker kain tidak seefektif masker N95 namun memberikan perlindungan terhadap polusi udara.

3. Minum air putih sekucupnya

Jangan lupa untuk tetap terhidrasi. Ini akan mengencerkan lendir dan menjaga kelembapan hidung dan tenggorokan.

Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, maka ini bisa mengurangi iritasi di tenggorokan dan membantu mengurangi batuk.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk kesehatan kamu. Jika kamu mengalami batuk berlebihan, ingatlah untuk meninggikan kepala dengan 2-3 bantal di malam hari, agar kepala tetap berada di atas jantung. 

5. Kunjungi dokter

Jika batuk tak kunjung membaik dalam satu bulan, silahkan menghubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro