Ilustrasi Salad Asparagus. /myfoodbook.com.au
Health

Polusi Picu Serangan Jantung, Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Arlina Laras
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun banyak masyarakat cenderung menghubungkan polusi udara dengan masalah pernapasan dan paru-paru, akan tetapi nyatanya polusi udara memiliki dampak serius terhadap kesehatan jantung. 

Dilansir dari British Heart Foundation, paparan jangka panjang terhadap polusi udara juga memiliki efek merugikan pada sistem kardiovaskular, termasuk jantung dan pembuluh darah. 

Pasalnya, partikel-partikel berbahaya dalam udara dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah, yang mengakibatkan pembuluh darah tersebut menjadi lebih sempit dan kaku. 

Selain itu, polusi udara juga dapat mempengaruhi sistem listrik jantung, mengganggu ritme normal dan menyebabkan irama jantung yang tidak stabil. Bahkan, dampak jangka panjang dari paparan polusi udara dapat mengakibatkan perubahan struktural pada jantung, mirip dengan tanda-tanda awal penyakit jantung.

Apalagi, mengingat polusi udara di Indonesia tengah mendapatkan sorotan. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaitkan paparan polusi udara dengan sekitar 4,2 juta kematian setiap tahun di seluruh dunia. 

Dilansir dari Medical News Today, berikut beberapa makanan khusus yang bermanfaat bagi kesehatan jantung:

1. Asparagus

Asparagus mengandung folat, yang membantu mencegah penumpukan homosistein, asam amino yang terkait dengan peningkatan risiko kondisi terkait jantung seperti penyakit arteri koroner dan stroke.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan atau legum, makanan-makanan ini dapat menurunkan kadar kolesterol LDL ("jahat") dan memberikan serat, protein, dan polifenol antioksidan, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan jantung.

3. Buah Beri

Buah beri kaya akan polifenol antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka juga merupakan sumber serat, vitamin (seperti vitamin A dan vitamin C), dan mineral (seperti zat besi dan kalsium), sambil rendah lemak.

4. Brokoli

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi brokoli yang direbus secara teratur dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

5. Biji Chia/Chia Seeds

Biji-bijian ini merupakan sumber asam lemak omega-3 berbasis tumbuhan, seperti asam alfa-linolenat. Omega-3 memiliki banyak efek bermanfaat, seperti membantu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total. Mereka juga mengurangi tekanan darah dan meminimalkan penumpukan plak lemak di arteri. 

6. Dark Chocolate/Cokelat Hitam

Penelitian menunjukkan dark chocolate memiliki manfaat perlindungan terhadap aterosklerosis, yaitu penumpukan plak di dalam arteri yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

7. Ikan Kaya Omega-3

Ikan merupakan sumber kuat asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi jantung dan protein namun rendah lemak jenuh. Orang dengan penyakit jantung atau berisiko mengembangkannya sering disarankan untuk meningkatkan asupan omega-3 dengan makan ikan, karena ini dapat mengurangi risiko detak jantung yang tidak normal dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri.

8. Bayam

Mengonsumsi sumber magnesium yang baik secara teratur dapat membantu menjaga irama jantung yang sehat. Bayam adalah salah satu sumber magnesium dalam makanan terbaik, dan konsumsi bayam dihubungkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

9. Tomat

Tomat mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Tomat kaya serat, kalium, vitamin C, folat, dan kolin, yang semuanya bermanfaat bagi jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro