Teh rosemary
Health

Manfaat Teh Oolong, Bisa Cegah Diabetes, Jantung, hingga Kanker

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 27 Agustus 2023 - 14:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di dunia ini ada beragam jenis teh, dari mulai teh hijau, teh hitam, hingga teh oolong.

Setiap jenis teh memiliki kandungan dan khasiatnya masing-masing, begitu juga dengan teh ooloong.

Peneliti teh dan ahli kimia Dokter Tim Bond dari Inggris mengungkapkan 'keajaiban' teh oolong.

Teh oolong adalah teh tradisional China yang berasal dari daun tanaman yang sama yang membuat teh hitam dan hijau.

Meskipun potensi manfaat kesehatannya telah diketahui selama bertahun-tahun, teh ini hanya menyumbang sekitar dua persen dari teh yang dikonsumsi secara global.

Dr Bond mengatakan teh oolong adalah permata tersembunyi dari sebuah teh dan ternyata kaya akan polifenol yang terbukti memiliki dampak positif pada kesehatan.

Dia mengungkapkan, meski terbuat dari tanaman yang sama dengan teh hitam (Camellia sinensis) dan teh hijau, namun pengolahan daunnya berbeda.

“Teh hijau mengalami proses pemanasan, sehingga menghambat aerasi sehingga membantunya mempertahankan konsentrasi lebih tinggi dari beberapa katekin antioksidan. Teh hitam diangin-anginkan sepenuhnya sehingga menimbulkan theaflavin dan thearubigins. Sedangkan teh oolong bersifat 'semi-aerasi dan berada di antara teh hijau dan hitam, dan karena diproses secara berbeda, 'sidik jari' flavonoidnya berbeda dari teh hijau atau teh hitam.” paparnya dilansir dari Express.

Dr Bond menjelaskan bahwa komponen oolong diduga berada di balik berbagai manfaatnya.

Teh oolong antara lain mengandung polifenol theasinensins yang berbeda dengan katekin teh hijau dan theaflavin teh hitam.

Teasinensin bioaktif inilah yang mungkin berkontribusi terhadap manfaat kesehatan dari teh oolong.

Dia mengatakan minuman tersebut dapat membantu mencegah diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker, serta kondisi lainnya.

“Studi laboratorium telah menunjukkan theasinensins melindungi terhadap peradangan. Penelitian masih dalam tahap awal untuk teh oolong, tetapi penelitian laboratorium menunjukkan theasinensin ini memiliki aktivitas antioksidan, mengurangi peradangan dan melindungi terhadap kerusakan DNA. Penelitian laboratorium lainnya juga menunjukkan peningkatan dalam pengendalian gula darah, aktivitas antikanker, dan aktivitas antimikroba.” jelasnya.

Ia merujuk pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care pada tahun 2003.

Sebuah penelitian terhadap 10 pria dan 10 wanita yang sudah menderita diabetes menemukan bahwa minum lebih dari satu liter teh oolong setiap hari selama 10 minggu secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Konsumsi teh oolong setiap hari telah menunjukkan aktivitas antioksidan pada atlet setelah berolahraga, yang diharapkan dapat membantu pemulihan otot.

Teh oolong juga baik untuk menurunkan berat badan karena telah terbukti meningkatkan metabolisme pada wanita, lebih tinggi dibandingkan teh hijau.

Teh oolong juga meningkatkan oksidasi lemak dan laju metabolisme pada pria.

“Penelitian lain menunjukkan bahwa teh oolong dapat memperbaiki penyakit jantung dan membantu menurunkan tekanan darah serta melindungi gigi dan tulang.” tambahnya.

Dr Bond merekomendasikan minum dua hingga tiga cangkir sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro