Teh hitam/Istimewa
Health

3 Jenis Teh Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi dan Hipertensi

Mia Chitra Dinisari
Senin, 10 Juli 2023 - 13:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dianggap sebagai penyebab pembunuh utama seperti serangan jantung dan stroke.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga tekanan darah dan kolesterol Anda tetap stabil.

Ternyata, dua masalah kesehatan itu bisa dicegah dan diatasi dengan minum teh lho.

Dr Tim Bond dari Panel Penasihat Teh membagikan tiga teh “terbaik” yang dapat menurunkan kolesterol hingga tekanan darah.

1. Teh hitam

Dianggap sebagai makanan pokok Inggris yang dicintai, teh hitam menawarkan lebih dari sekadar rasa yang menyenangkan dan kafein.

Teh hitam mengandung senyawa tanaman, termasuk thearubigins dan theaflavins, yang telah terbukti menurunkan tekanan darah.

Peneliti teh dan ahli kimia mengatakan teh hitam telah terbukti membuka saluran kalium dalam sel tubuh kita. Tindakan ini menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan menurunkan tekanan darah.

Minum antara tiga hingga empat cangkir setiap hari dapat membantu melakukan trik dan mengurangi kolesterol dan tekanan darah Anda.

2. Teh hijau

Teh hijau mengurangi tekanan darah tetapi pada tingkat yang lebih kecil dari teh hitam dan hal ini terjadi karena kandungan antioksidan katekin dengan tindakan pada pembuluh darah melalui saluran ion kalium yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

Penelitian telah menemukan bahwa teh hijau (antara lima hingga enam cangkir setiap hari) mengurangi tekanan darah sekitar dua milimeter merkuri.

Jika Anda tidak menyadarinya, milimeter merkuri (mmHg) menggambarkan satuan yang digunakan untuk mengukur tingkat tekanan darah.

3. Teh kembang sepatu

Infus herbal kembang sepatu dapat membantu meningkatkan tekanan darah sekaligus mencegahnya berkembang.

Sebuah meta-analisis dari 22 studi oleh Tea Advisory Panel menemukan bahwa dua hingga tiga cangkir teh kembang sepatu setiap hari dapat mengurangi dan membantu mencegah tekanan darah.

Dua cangkir telah terbukti mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 7,4mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 6,7mmHg. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Teh hijau dan teh kembang sepatu sebelumnya telah terbukti juga menurunkan kolesterol "jahat" sekaligus meningkatkan kadar kolesterol "baik".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro