Ilustrasi orang sedang menyeduh kopi/Freepik
Health

Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Cepat Bakar Lemak

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah minuman yang tepat agar berat badan turun sebelum olahraga?

Mungkin Anda berpikir itu adalah protein shake atau minuman protein lainnya.

Namun, Dr Michael Mosley dari Inggris berbagi satu minuman populer, yang mungkin sudah ada di lemari dapur Anda, yang dapat membantu Anda menghilangkan lemak.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menikmati minuman panas satu jam sebelum berolahraga, menurut ahlinya.

"Minum kopi tidak hanya menyehatkan mental kita tetapi juga terbukti meningkatkan kinerja kita dalam berbagai cara lainnya." ujarnya dilansir dari Express.

Meskipun minuman hitam lebih dikenal karena efek stimulasinya, minuman ini juga dapat meningkatkan jumlah lemak yang Anda bakar selama sesi latihan.

Para pecinta kopi juga akan senang mendengar bahwa minuman favorit mereka bahkan dapat membantu membakar kalori.

Sebuah penelitian di universitas baru-baru ini menunjukkan bahwa minum kopi merangsang lemak coklat dan salah satu fungsi utama lemak coklat adalah menghasilkan panas tubuh dengan membakar kalori.

“Penelitian terbaru lainnya menunjukkan bahwa wanita yang minum hingga dua cangkir kopi per hari memiliki total lemak tubuh dan lemak perut yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak meminumnya.” paparnya.

Terlebih lagi, Anda tidak memerlukan merek kopi mahal untuk mendapatkan manfaatnya, karena pembawa acara podcast menjelaskan bahwa Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dari kopi instan.

Profesor fisiologi metabolik Dr James Betts, di University of Bath, juga mendukung dampak kopi terhadap olahraga.

“Jadi, jika minum kopi membantu seseorang mendapatkan motivasi untuk berolahraga atau berjalan-jalan, menurut saya kita harus fokus pada hal-hal yang membantu hal tersebut.”

Selain membakar lemak, Dr Mosley menyampaikan bahwa antioksidan kuat yang tersembunyi dalam kopi juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya.

Berdasarkan penelitian di Inggris terhadap setengah juta orang, minum tiga cangkir kopi sehari dapat meningkatkan kesehatan otak dan jantung Anda.

Dokter menjelaskan bahwa peserta penelitian yang mengonsumsi jumlah tersebut memiliki risiko lebih rendah terkena stroke, penyakit jantung, dan demensia, serta memiliki ukuran jantung yang lebih sehat dan fungsi yang lebih baik, dibandingkan dengan bukan peminum kopi.

Namun, kopi juga dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan gangguan tidur, sehingga ia menyarankan untuk tidak berlebihan.

"Untuk alasan ini, masuk akal untuk mengurangi jumlah kopi yang Anda minum. Tiga hingga empat cangkir kopi sehari mungkin merupakan titik tepat untuk mendapatkan efek paling menguntungkan bagi kesehatan Anda." tutupnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro