Buah Apel. /Bisnis.com-Janlika
Health

Buah-buahan yang Membantu Membersihkan Paru-paru dari Polusi

Redaksi
Senin, 4 September 2023 - 09:11
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta – Menghadapi polusi udara yang semakin buruk tiap hari, tentu perlu pola hidup dan pola makan yang sehat.

Menjaga pola makan dan pola hidup dipercaya dapat memberikan kekebalan tubuh untuk meminimalisir dampak negatif dari polusi udara.

Indeks kualitas udara (AQI) dan polusi udara PM2.5 di Jakarta dalam websitenya menuliskan kurang lebih 9.000 kematian tahun 2023 disebabkan oleh polusi udara. Artinya polusi udara membawa permasalahan serius bagi kesehatan tubuh.

Pada umumnya polusi udara lebih sering mengakibatkan penyakit yang berkaitan dengan paru-paru, untuk itu disarankan mengkonsumsi makanan yang dapat membersihkan paru-paru. Makanan pembersih paru-paru biasanya beragam dari sayuran hingga buah-buahan. Jeruk dan apel menjadi rekomendasi, selain mudah didapat buah-buahan ini punya manfaat untuk membersihkan paru-paru.

Dilansir berbagai sumber, berikut buah-buahan yang dapat membersihkan paru-paru sebagai berikut;

1. Apel

Apel khususnya kulit apel mengandung antioksidan yang disebut quercetin, terbukti meredakan peradangan di paru-paru dan membantu orang yang menderita penyakit paru-paru seperti COPD. Selain itu, mengonsumsi apel dan buah-buahan lainnya (termasuk pisang dan tomat) terbukti membantu mencegah penurunan fungsi paru-paru , terutama bagi orang yang dulunya merokok.

2. Tomat

Tomat dan produk berbahan dasar tomat (termasuk jus tomat) merupakan sumber vitamin C dan likopen yang meredakan peradangan di saluran udara. Likopen juga dapat menurunkan risiko kematian pada penderita COPD .

3. Buah beri

Buah beri berwarna gelap seperti blueberry, stroberi, dan blackberry kaya akan antosianin , antioksidan flavonoid yang memiliki banyak manfaat, termasuk mengurangi lendir dan peradangan di paru-paru, serta berpotensi memperlambat penurunan fungsi paru-paru yang berkaitan dengan usia.

4. Buah Labu

Buah labu adalah makanan terbaik untuk paru-paru yang mengandung zat anti inflamasi yang penting penting untuk kesehatan paru-paru. Sesuai penelitian, perokok mendapat manfaat dari makan labu secara teratur karena adanya karotenoid di dalamnya.

5. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan kalsium. Ini mengisi kembali tingkat nutrisi yang hilang setelah terapi steroid, melindungi paru-paru dari COPD dan kanker, dan meningkatkan kesehatan paru-paru. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro