Ilustrasi pekerja merasa lelah dan mengantuk/Freepik
Health

Apa Itu Penyakit Astenia, yang Membuat Rasa Lelah Terus Menerus

Mutiara Nabila
Senin, 4 September 2023 - 22:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda sering merasa kelelahan, lemas, atau tidak bertenaga? Jangan-jangan Anda terkena astenia. 

Mengutip Medical News Today, Astenia adalah istilah medis ketika tubuh merasa sangat lemas dan tidak bertenaga. Kondisi ini bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu masalah psikis dan fisik. 

Umumnya, seseorang yang mengalami astenia akan mengeluhkan rasa lemas dan tidak bertenaga pada bagian tubuh tertentu, seperti lengan, kaki, bahkan seluruh bagian tubuh.

Adapun, astenia bisa menjadi gambaran atau gejala dari suatu penyakit, seperti dehidrasi, kurang gizi, anemia, serta penyakit tiroid, atau penyakit kronis lainnya seperti diabetes, atau kanker. 

Berdasarkan kondisinya, penyebab astenia bisa disebabkan gangguan fisik dan psikis. 

Beberapa kondisi psikis yang dapat menyebabkan terjadinya astenia di antaranya gangguan mental seperti gangguan kecemasan, stres, depresi, gangguan makan, dan gangguan tidur seperti insomnia atau sleep apnea.

Selain itu, ada pula penyebab dari kondisi fisik, seperti karena dehidrasi, hamil, flu atau selesma, atau penyakit berat dan kronis seperti diabetes, stroke, arthritis, atau kanker. 

Ada pula penyakit seperti darah rendah, kurang gizi, dan penyakit tiroid. Dari kondisi tersebut, pengobatan yang dilakukan juga bisa membuat penderitanya mengalami astenia.  

Pengobatan Astenia

Astenia bisa diobati dengan berbagai cara, tergantung dari tingkat keparahananya dan penyebabnya. Beberapa cara untuk mengatasi astenia di antaranya dengan mengonsumsi obat, dan terapi psikologi sesuai dengan kondisi masing-masing. 

Contohnya, jika seseorang mengidap astenia karena terpapar bakteri, maka orang tersebut harus mendapatkan perawatan antibiotik. 

Adapun, untuk pencegahannya, penderita Astenia dapat menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, minum banyak air putih, dan menghindari rokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro