Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja/Freepik
Health

Tanda-Tanda Kalau Anda Sudah Kelelahan

Maretha Uli Hutagalung
Sabtu, 29 Juli 2023 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Fatigue atau kelelahan adalah perasaan lelah atau kekurangan energi di seluruh tubuh. Di saat kelelahan, seseorang bisa kehilangan motivasi dan energi untuk melakukan apapun.

Kelelahan ini berbeda dari sekadar kondisi mengantuk atau lelah sementara yang bisa hilang hanya dengan beristirahat. Kelelahan biasanya terjadi dalam kurun waktu lebih lama dan tidak bisa hilang secara instan.

Kelelahan bisa terjadi pada siapa saja. Umumnya, setiap orang dewasa pernah mengalami kelelahan setidaknya sekali.

Kelelahan umum terjadi, terutama saat seseorang kurang berolahraga dan tidak makan dengan teratur. Melansir dari Healthline, penyebab utama kelelahan adalah gaya hidup yang tidak baik, kondisi kesehatan fisik, dan masalah kesehatan mental.

Anda bisa kelelahan jika tidak memperhatikan bagaimana pola aktivitas harian Anda. Kelelahan akan muncul jika Anda kurang tidur, terlalu banyak tidur, kurang bergerak, obesitas, bosan, sedang berduka, sering mengonsumsi alkohol, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dan kekurangan nutrisi.

Dari kesehatan fisik Anda sendiri, kelelahan bisa muncul dari beberapa kondisi, terutama saat kelelahan terjadi dalam waktu lama. Contohnya adalah anemia, demam, flu, peradangan, insomnia, anorexia, kelainan autoimun, Covid-19, kanker, diabetes, gangguan hati, hepatitis A, B, C, HIV/AIDS, atau gangguan ginjal.

Faktor kesehatan mental juga tidak jarang menjadi penyebab kelelahan, seperti gangguan kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya.

Selain itu, kelelahan juga biasa terjadi karena lingkungan pekerjaan. Hal ini bisa terjadi jika Anda memiliki jadwal kerja malam atau lembur, jam kerja terlalu panjang, tekanan sosial di tempat kerja, atau juga saat Anda menganggur.

Mengatasi Kelelahan

Mengatasi kelelahan bisa dimulai dengan mengoreksi hal-hal di atas. Untuk mengurangi kelelahan harian dan meningkatkan energi, Anda bisa melakukan hal-hal ini:
- Minum air yang cukup agar tidak dehidrasi
- Makan makanan sehat dan bernutrisi
- Berolahraga secara rutin
- Tidur yang cukup dan terjadwal
- Menghindari hal-hal yang memicu stres
- Menghindari pekerjaan yang terlalu menyulitkan
- Latihan relaksasi seperti yoga
- Menjauhi alkohol, rokok, dan obat-obatan

Ada kalanya usaha Anda sendiri dalam mengatasi kelelahan tidak membuahkan hasil. Jika Anda sudah mencoba mengatasi sendiri selama lebih dari dua minggu tetapi tidak ada perubahan, sebaiknya Anda mengunjungi dokter.

Kunjungi dokter saat Anda mengalami hal berikut:
- Tidak tahu apa yang menyebabkan kelelahan
- Suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya
- Berat badan turun tanpa sebab
- Sensitif dengan suhu dingin
- Sering sulit tidur atau sulit bangun
- Merasa depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro