Konsumen sedang memilih baju bekas di sebuah thrift shop. Dok. Freepik
Fashion

7 Cara Menjaga Lingkungan, Mulai dari Hemat Air dan Beli Pakaian Bekas

Redaksi
Selasa, 5 September 2023 - 17:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kesadaran lingkungan menjadi tugas setiap orang. Lingkungan yang sehat dan terjaga tentunya akan membawa dampak bagus bagi semua penghuni bumi.

Sadar terhadap lingkungan sebenarnya sudah dilakukan setiap orang dalam aktivitas ataupun rutinitas sehari-hari. Perbuatan kecil seperti menghemat air dan menghemat listrik merupakan langkah kecil sadar lingkungan. 

Namun hal tersebut perlu kembali diedukasikan dalam kehinaan dan dalam diri sendiri. Sadar terhadap lingkungan membawa diri pada rasa tanggungjawab terhadap bumi.

Simak cara agar bisa menjaga kelestarian lingkungan:

1. Membeli Pakaian Bekas

Industri Fesyen merupakan industri terbesar ketiga setelah makanan dan konstruksi.  Industri ini melepaskan 1,2 miliar ton karbon dioksida setiap tahunnya.  Industri akan terus memberikan dampak buruk terhadap lingkungan, karena sungai dipenuhi pewarna dan CO2 dibuang ke atmosfer. 

Jika masyarakat terus membeli produk dari merek-merek fast-fashion, siklus tersebut akan terus berlanjut. Maka dengan membeli pakaian bekas layak pakai, kamu sudah berkontribusi mengurangi kerusakan pada lingkungan akibat limbah industri tersebut. Selain baik untuk lingkungan, hal tersebut juga tentunya hemat budget.

2. Tidak Menggunakan Barang Sekali Pakai

Biasakan diri untuk membawa wadah sendiri saat bepergian ataupun membeli makanan dan minuman adalah cara menjaga lingkungan. Barang sekali pakai misalnya plastik pembungkus makanan atau botol air bisa menjadi sampah yang susah untuk diurai dan tentunya merusak lingkungan.

3.  Menggunakan Produk Ramah Lingkungan 

Ada begitu banyak bahan kimia dalam produk yang kita gunakan setiap hari dan hampir tidak mungkin untuk menghindari bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Perlu untuk memperhatikan label di bagian belakang produk, pastikan  produk berlabel organik atau bebas paraben.

4. Daur Ulang 

Daur ulang adalah hal termudah yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa tidak menyebabkan lebih banyak kerusakan pada lingkungan. Daur ulang penting karena berbagai alasan seperti melestarikan sumber daya alam, mengurangi limbah, mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi, menghemat energi dan secara keseluruhan membantu melindungi lingkungan.

5. Membuat Kompos

Sampah seperti buah-buahan, sayuran, dan ampas kopi termasuk makanan yang dapat dibuat kompos. Kompos ini kemudian dapat dijadikan pupuk yang bagus dan tentunya gratis. 

6. Menghemat Air

Menghemat air adalah satu hal yang sangat penting bagi masyarakat yang sadar lingkungan. Kesadaran sederhana ini sesungguhnya membawa dampak yang sangat baik untuk lingkungan kedepannya. 

7. Selalu Membawa Tas yang Bisa Digunakan Kembali Saat Berbelanja

Dengan melakukan hal ini kamu sudah menjaga lingkungan. Ketahuilah bahwa kantong plastik yang sering digunakan saat berbelanja adalah jenis sampah yang sulit terurai, proses terurainya sampah plastik bisa memerlukan waktu lebih dari 100 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro