Sakit gigi/istimewa
Health

Simak Alternatif Pereda Sakit Gigi di Malam Hari

Mutiara Nabila
Selasa, 5 September 2023 - 18:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mengalami sakit gigi di malam hari bisa jadi sangat menyiksa, terutama karena akan mengganggu waktu beristirahat. 

Namun, ada sejumlah cara untuk mengurangi sakit gigi, terutama jika terasa di malam hari, selain menggunakan obat-obatan. 

Melansir Medical News Today, ada sejumlah cara alternatif yang bisa membantu meredakan nyeri sementara waktu untuk membantu agar lebih nyaman beristirahat sebelum mendapat jadwal menemui dokter. 

1. Kompres dingin

Untuk meredakan nyeri sementara ketika merasakan sakit gigi terutama di malam hari, bisa dengan menggunakan kompres dingin. 

Tempelkan kantong berisi es yang dibalut dengan handuk ke bagian yang terasa sakit. Cara ini bisa membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi nyeri sehingga penderita nyeri gigi bisa lebih nyaman dan bisa tidur. 

Kompres dingin sendiri bisa dilakukan selama 15-20 menit setiap beberapa jam sekali di sore hari sehingga meredakan sakit sebelum tidur. 

2. Menambah bantal saat tidur

Pengumpulan darah di kepala terjadi saat mengalami nyeri gigi, sehingga menambah rasa sakit. Untuk beberapa orang, bisa menerapkan penambahan bantal ketika tidur sehingga posisi kepala lebih tinggi, dan aliran darah bisa lebih lancar. 

3. Kumur air garam

Berkumur air garam cukup terkenal menjadi salah satu cara meredakan sakit gigi. Air garam memiliki kandungan antibakteri untuk meredakan peradangan. 

Cara ini juga bisa membantu untuk melindungi gigi yang rusak dari infeksi, dan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang terjebak di antara gigi. 

5. Minum teh peppermint

Meminum teh peppermint atau menghisap kantung teh peppermint juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri dari sakit gigi. 

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa teh peppermint mengandung antibakteri dan antioksidan. Mentol di dalamnya juga merupakan bahan aktif yang bisa memberikan sensasi kebas pada area yang terasa sakit. 

Menggunakan Cengkeh dan Bawang Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro