Sakit gigi/istimewa
Health

Simak Alternatif Pereda Sakit Gigi di Malam Hari

Mutiara Nabila
Selasa, 5 September 2023 - 18:03
Bagikan

6. Menggunakan cengkeh

Kandungan Eugenol yang terdapat pada cengkeh bisa mengurangi rasa sakit pada gigi. Pada penelitian klinis yang dilakukan pada 2015, menunjukkan bahwa menggunakan cengkeh setelah seseorang melakukan cabut gigi membantu mereka tidak terlalu merasa sakit serta meredakan peradangan. 

Kandungan Eugenol berperan sebagai analgesik yang bisa membuat area yang sakit terasa kebas. 

Untuk menggunakannya, siram cengkeh yang sudah dihaluskan menggunakan sedikit air untuk dijadikan pasta. Kemudian, aplikasikan pasta cengkeh tersebut ke gigi, atau gunakan kantong teh kosong dan letakkan di bagian mulut yang nyeri. 

Selain itu, bisa juga dengan mengunyah sebatang cengkeh dan diamkan di tempat yang sakit. Namun, cara ini tidak cocok digunakan padaa anak-anak

7. Menggunakan bawang putih

Bawang putih merupakan bahan yang sangat mudah ditemukan di setiap rumah dan bisa berfungsi untuk meredakan rasa sakit. 

Kandungan Allicin dalam bawang putih memiliki ran antibakteri yang membantu membunuh bakteri di dalam mulut penyebaba gigi berlubang dan nyeri. 

Hanya tinggal mengunyah bawang putih dan diamkan di bagian yang sakit bisa membantu meredakan rasa nyeri. Namun, karena rasanya yang kuat, mungkin tidak semua orang akan cocok dengan alternatif ini. 

Penyebab Sakit Gigi di Malam Hari

Gigi yang berlubang dan membusuk adalah penyebab umum sakit gigi. Gigi yang membusuk biasanya cepat menimbulkan lubang jika tidak segera ditangani. 

Lubang pada gigi juga terjadi aakibat infeksi bakteri yang menembusu enamel gigi dan memakan jaringan halus di dalam gigi. Ini bisa membuat saraf terbuka sehingga menyebabkan rasa nyeri. 

Selain itu, infeksi sinus juga bisa menyebabkan nyeri gigi pada sebagian orang. Adapun, penyebab lainnya adalah hilangnya tambalan gigi, abses pada rongga mulut, trauma pada rahang, munculnya gigi geraham belakang, ada sisa makanan yang tersangkut di gigi atau gusi, dan penyakit gusi. 

Jika sakit gigi sudah begitu mengganggu hingga mengganggu tidur di malam hari, segera temui dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro