Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Health

Ini 11 Tips Menghindari Stres Saat Sibuk

Redaksi
Rabu, 6 September 2023 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kesibukan berlebih yang sering dirasakan setiap orang dapat memicu stres. Sering kali orang yang sibuk dengan dunia kerja akan mudah merasa penat, capek dan stres.

World Health Organization (WHO) mengklasifikasikan stres di tempat kerja (burnout) sebagai sindrom. Dalam International Classification of Diseases, burnout merupakan suatu sindrom yang dikonseptualisasi sebagai hasil dari stres kronis di tempat kerja yang tidak dikelola dengan baik.

Department of Health & Human Services, State Government of Victoria, Australia mengatakan bahwa stres karena pekerjaan bisa menimbulkan gejala perilaku seperti penurunan kinerja, kreativitas dan inisiatif yang berkurang, perubahan suasana hati, munculnya masalah interpersonal, tidak sabar, sering sakit, kehilangan minat banyak hal dan lebih suka menyendiri.

Dilansir Inspiration Feed (6/9/2023), untuk menghindari stres yang dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental, kamu harus memiliki prinsip untuk melakukan hal-hal yang menenangkan diri.

Tips menghindari stres karena kesibukan yang berlebih:

1. Nilai Jadwal yang Kamu Miliki

Kamu harus bisa mengklasifikasikan jadwal sibuk dan jadwal istirahat yang kamu miliki. Jika menurut penilaian kamu, kamu lebih banyak bekerja maka kamu harus memilih langkah untuk sekedar istirahat atau melakukan hal menarik yang sejenak membahagiakan kamu.

2. Evaluasi Konflik Jadwal dan Prioritas

Kesibukan terkadang membuat kamu mengesampingkan minat dan bakat yang kamu miliki, hal ini yang menjadi konflik diri. Berpikirlah untuk bisa membagi waktu dan prioritas yang pas, agar kamu tidak merasa tertekan atau tersampaikan karena tugas yang dimiliki.

3. Me Time 

Sangat penting bagi kamu untuk memastikan diri telah mendedikasikan cukup banyak waktu hanya untuk diri sendiri.  Bahkan pekerja paling berdedikasi di bidang apa pun pun terkadang membutuhkan istirahat untuk diri mereka sendiri.

Menjauh dari tekanan hidup dan memusatkan perhatian pada diri sendiri untuk sementara waktu adalah penting untuk kehidupan yang bahagia.

cara me time
cara me time

4. Renungkan

Jika saat ini kamu tidak dapat bekerja dalam waktu beberapa jam, cobalah bekerja setidaknya dalam beberapa menit saja. 

Belajarlah untuk meluangkan waktu sepuluh menit saja, menjauh dari pekerjaan dan berusaha menenangkan diri dengan teknik pernapasan. 

5. Refleksi Introspektif

Luangkan sedikit waktu setiap hari untuk menghadapi diri sendiri dengan kebenaran dan kesalahan yang mungkin kamu oerbuat. Luangkan sedikit waktu untuk memoles diri sendiri, periksa diri dengan cermat dan belajar menerima siapa diri kamu sebenarnya.

6. Singkirkan Kekacauan

Kekacauan bisa saja datang dalam diri sendiri ataupun lingkungan. Maka diwaktu luang, cobalah untuk membereskan semua kekacauan yang kamu lihat dan kamu rasakan. Berdamailah dengan diri sendiri dan buanglah hal-hal tidak berguna yang menggangu hidup kamu.

cara memanajamen stres
cara memanajamen stres

7. Minum Air Putih Setiap Hari

Berusahalah untuk tetap berpegang pada aturan praktis yang menyatakan harus banyak minum air.  Mungkin jadwal sibuk tidak memungkinkan kamu berolahraga, tetapi tidak ada alasan untuk tidak sering-sering terhidrasi. Kamu bisa membawa botol minum sendiri untuk menjaga kamu tetap terhidrasi.

8. Kendalikan Emosi

Apapun stres yang mungkin kamu alami di tempat kerja, berhati-hatilah agar hal itu tidak terlalu membebani.  Kendalikan emosi kamu karena dapat berbahaya bagi kesehatan dan akan menyebabkan penyakit yang lebih serius.

9. Batasan Tanggung Jawab

Sebagian besar orang sangat bersimpatik untuk menerima tawaran yang diberikan, tetapi hal ini bisa berdampak buruk.  Pada umumnya hal ini bisa saja membuat kamu harus bekerja dengan keras dan mengabaikan kesehatan dan kebahagiaan. Maka prioritaskan apa yang tidak bisa kamu hindari sebelum fokus pada tugas yang bisa kamu hindari.

tanda-tanda stres dan cara mengatasi stres
tanda-tanda stres dan cara mengatasi stres

10. Jangan Memaksakan Diri

Jangan mencoba memaksakan diri, baik di tempat kerja atau bahkan untuk mencapai tujuan lainnya, ingatlah untuk menetapkan ekspektasi yang realistis. 

Jika kamu harus menetapkan tujuan untuk diri sendiri, pikirkan cara yang paling mudah dan realistis untuk mencapainya dan ikuti sesuai kecepatan kamu sendiri. 

11. Tidur

Sesibuk apapun kamu, berusaha untuk terus menetapkan waktu tidur. Demi kesehatan dan kebahagiaan kamu, jangan pernah mengabaikan istirahat. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro