Tips panjang umur yang sering dilakukan oleh orang  Jepang
Health

10 Tips Panjang Umur dan Bahagia Orang Jepang

Redaksi
Rabu, 13 September 2023 - 15:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kebahagiaan adalah salah satu hal yang diidamkan setiap orang dalam hidupnya. Namun, apa sebenarnya arti dari bahagia? Dan bagaimana kita bisa menemukan kebahagiaan yang abadi?

Orang Jepang memiliki perspektif yang unik tentang kebahagiaan, yang tercermin dalam budaya dan gaya hidup mereka. Mulai dari menemukan kegembiraan dalam hal-hal sederhana hingga terhubung dengan alam.

Ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari orang Jepang tentang bagaimana mereka menjalani dan menikmati hidup.

Ini 10 cara orang Jepang menjalani hidup agar lebih bahagia:

1. Ikigai: Temukan kebahagiaan dalam hal-hal sederhana

Filosofi Jepang ikigai mendorong orang untuk menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil yang membentuk kehidupan sehari-hari mereka. Tidak setiap momen dalam hidup akan menjadi momen yang besar, jadi kita perlu menemukan kebahagiaan dari hal-hal kecil.

konsep ikigai orang jepang  panjang umur
konsep ikigai orang jepang panjang umur


2. Shinrin-yoku: Terhubung dengan alam

Praktik Shinrin-yoku atau mandi di hutan adalah tindakan sederhana dan terapeutik untuk menghabiskan waktu di hutan. Budaya Jepang memiliki hubungan yang kuat dengan alam, yang tercermin dalam banyak aspek kehidupan sehari-hari.

Mulai dari menghabiskan waktu di taman dan kebun hingga menikmati buah-buahan dan sayuran musiman, serta ada banyak cara lainnya untuk menghargai alam.


3. Wabi-Sabi: Merangkul ketidaksempurnaan

Filosofi estetika ini menghormati ketidaksempurnaan, kefanaan, dan kesederhanaan, yang mendorong apresiasi terhadap benda-benda yang lapuk dan keunikan kekurangan sambil melepaskan kesempurnaan.

wabi-sabi konsep hidup panjang umur orang jepang
wabi-sabi konsep hidup panjang umur orang jepang


4. Kintsugi

Ini adalah seni memperbaiki tembikar dengan logam mulia untuk memperbaiki retakan dan ketidaksempurnaan lalu mengubahnya menjadi bentuk seni yang unik. Praktik ini mendorong kita untuk melihat bekas luka kita sebagai bagian dari sejarah kita, memupuk ketangguhan dan keindahan melalui cobaan hidup.


5. Omiyage: Pemberian hadiah dari hati

Ini adalah seni pemberian hadiah yang bermakna, menyampaikan rasa terima kasih dan cinta melalui tindakan yang penuh perhatian, melampaui materialisme. 

Menjalankan praktik ini dengan kepedulian yang tulus akan meningkatkan hubungan dan memperkaya kehidupan sosial seseorang, serta menumbuhkan rasa puas.


6. Shokunin: Luangkan waktu untuk hobi Anda

Melakukan hobi dan minat adalah cara yang bagus untuk menemukan kenikmatan dalam hidup. Entah itu melukis, mendaki gunung, atau mengoleksi perangko, meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai dapat membantu Anda merasa lebih bahagia dan puas.

tips panjang umur, luangkan waktu untuk hobi
tips panjang umur, luangkan waktu untuk hobi


7. Monozukuri: Keahlian dan perhatian terhadap detail

Ini adalah seni kerajinan Jepang, yang mengutamakan detail dan kualitas. Menerapkan pendekatan ini dalam tugas sehari-hari akan menumbuhkan kegembiraan dan kepuasan dengan menghargai perjalanan dan proses serta hasilnya.


8. Bersyukur

Mengungkapkan rasa syukur adalah bagian penting dari gaya hidup orang Jepang. Mulai dari mengucapkan terima kasih hingga menghargai hal-hal baik dalam hidup, meluangkan waktu sejenak untuk bersyukur dapat membantu meningkatkan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.


9. Habiskan waktu bersama orang-orang tersayang

Keluarga dan teman memainkan peran penting dalam budaya Jepang. Entah itu menghabiskan waktu bersama di rumah atau pergi keluar untuk makan. Meluangkan waktu untuk orang-orang yang Anda sayangi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kebahagiaan Anda.


10. Hiduplah di masa sekarang

Fokuslah pada saat ini dan di sini. Dengan hidup di masa sekarang dan menikmati setiap momen, Anda dapat menemukan kebahagiaan dan kepuasan yang lebih besar dalam hidup. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro