Makanan sumber asam folat/Istimewa
Health

Ini Buah yang Mengandung Asam Folat, Manfaatnya Bagi Jantung Hingga Kesuburan

Redaksi
Kamis, 14 September 2023 - 19:34
Bagikan

Asam folat bisa didapatkan dari makanan sehari-hari, seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Berikut adalah buah-buahan yang tinggi kandungan asam folat.

1. Bit

Buah bit kaya akan nitrat dan folat. Satu cangkir (136 gram) bit mentah mengandung 37% DV untuk folat. Buah ini mengandung banyak mangan, potasium, dan vitamin C yang Anda butuhkan sepanjang hari. 

2. Pepaya

Pepaya adalah buah tropis padat nutrisi yang penuh rasa. Pepaya kaya akan antioksidan dan folat. Satu cangkir (140 gram) pepaya mentah menyediakan sekitar 13% DV untuk folat. Pepaya juga kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan seperti karotenoid. Wanita hamil sebaiknya mempertimbangkan untuk menghindari makan pepaya mentah.

buah yang mengandung asam folat
buah yang mengandung asam folat

3. Pisang

Kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, pisang adalah pembangkit tenaga nutrisi. Pisang mengandung folat dalam jumlah yang baik. Satu pisang ukuran sedang mengandung sekitar 6% DV. Pisang juga kaya akan nutrisi lain, termasuk potasium, vitamin B6, dan mangan.

4. Alpukat

Alpukat sangat populer karena teksturnya yang lembut dan rasa menteganya. Selain rasanya yang unik, alpukat merupakan sumber nutrisi penting, termasuk folat. Alpukat kaya akan lemak dan folat yang menyehatkan jantung, dan setengah buah alpukat mentah menyediakan sekitar 21% DV untuk folat.


5. Buah sitrus

Selain enak dan penuh rasa, buah sitrus, seperti jeruk, grapefruit, lemon, dan jeruk nipis, kaya akan folat. Satu buah berukuran besar saja mengandung 55 mcg folat, atau sekitar 14% dari DV. Buah ini juga kaya akan vitamin C, mikronutrien penting yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan membantu pencegahan penyakit. (Salma Permata Dewi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro