Makanan sumber asam folat/Istimewa
Health

Sering Dikaitkan dengan Ibu Hamil, Ini Sederet Manfaat Asam Folat untuk Pria

Widya Islamiati
Selasa, 13 September 2022 - 21:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asam folat merupakan vitamin B9 versi sintetis. Sedangkan vitamin B9 merupakan vitamin esensial yang tidak bisa dibuat oleh tubuh.

Maka pemenuhan asam folat harus didapat dari asupan makanan. Sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli merupakan sayuran yang punyai kandungan asam folat, lalu hati sapi, alpukat, nasi, roti dan juga kangkung juga mengandung asam folat.

Meskipun sering dikaitkan dengan nutrisi bagi ibu hamil karena punyai manfaat yang berkaitan dengan DNA. Asam folat juga punyai manfaat yang bisa dirasakan oleh pria.

Berikut ini manfaat asam folat bagi pria berdasarkan berbagai sumber.

1. Membantu mengatasi depresi

Beberapa penelitian menunjukkan orang dengan gangguan mental seperti depresi memiliki kadar asam folat dalam darah yang relatif rendah, dibandingkan dengan orang yang tidak punyai depresi.

Penelitian lain yang dilakukan pada 966 orang, menemukan bahwa mengonsumsi suplemen dengan kandungan asam folat yang disertai dengan obat antidepresan, terbukti dapat mengurangi gejala depresi. Hal ini dibandingkan dengan hanya mengonsumsi obat antidepresan saja.

2. Membantu mendorong pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat asam folat adalah membantu mendorong pertumbuhan rambut. Biasanya asam folat terkandung dalam suplemen. Ini juga disertai dengan penelitian, meskipun belum banyak penelitian yang membahas hal ini.

Sebuah penelitian tentang khasiat asam folat dilakukan pada 52 pria dan wanita dengan rambut beruban prematur. Hasilnya mereka punyai kadar asam folat, vitamin B12 dan biotin (B7) dalam darah, dibandingkan dengan orang yang tidak punyai rambut beruban prematur.

3. Dapat meningkatan fertilitas

Asam folat sering dijadikan salah satu kandungan suplemen untuk meningkatkan kesuburan yang dijual di pasaran, dan disandingkan dengan seng. Ada beberapa penelitian yang membuktikan hal ini, hasilnya suplemen ini meningkatkan kesuburan bagi pria dengan masalah kesuburan.

Selain itu, asam folat juga bisa membantu meningkatkan jumlah sperma, mengubah karbohidrat menjadi energi serta membuat DNA yang sehat.

4. Membantu pencegahan penyakit jantung

Manfaat asam folat yang juga bisa dirasakan oleh pria adalah membantu pencegahan penyakit jantung dan melindunginya. Jika disandingkan B12 bisa berguna untuk membantu mengatur jumlah asam amino homosistein yang ada dalam tubuh manusia.

Jika tubuh kekurangan asam folat, kadar homokustein dalam tubuh akan meningkat sehingga bisa mempengaruhi penyakit kardiovaskular.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro