Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Deretan Makanan Tinggi Asam Folat yang Mudah Didapat, Bagus untuk Ibu Hamil

Berikut ini daftar makanan yang mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil dan menyusui yang harus Anda ketahui.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  12:19 WIB
Deretan Makanan Tinggi Asam Folat yang Mudah Didapat, Bagus untuk Ibu Hamil
Makanan sumber asam folat - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu vitamin atau kandungan yang sering diklaim ada dalam berbagai merek susu ibu hamil, adalah asam folat.

Asam folat juga dikenal dengan vitamin B9, vitamin yang dapat larut dalam air serta punyai banyak fungsi untuk tubuh.

Salah satu manfaat asam folat untuk tubuh yang terkenal adalah meningkatkan daya ingat serta membantu membentuk sel-sel dalam tubuh. Orang dewasa juga ibu hamil disarankan mendapatkan asupan asam folat sebanyak 400 mcg dalam sehari.

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, perubahan pada rambut, kuku dan kulit, juga palpitasi jantung. Asam folat dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan.

Berikut ini daftar makanan yang mengandung asam folat menurut healthline dan webmd:

1. Hati sapi

Salah satu sumber asam folat adalah hati sapi, karena kandungan folat pada daging cukup rendah. Per tiga ons hati sapi mengandung 219 mcg. Selain itu, dalam hati sapi juga terkandung protein yang layak dan lebih dari 100% asupan vitamin A, vitamin B12 serta tembaga yang direkomendasikan setiap harinya.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan selain merupakan sumber protein nabati yang baik, sumber serat, zat besi, magnesium juga antioksidan, tetapi juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan itu seperti buncis, kacang polong, serta lentil.

Setengah cangkir kacang merah mengandung 46 mcg asam folat, setengah cangkir kacang polong hitam mengandung 105 mcg asam folat sedangkan setengah cangkir kacang polong mengandung 47 mcg.

3. Sayuran hijau tua

Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam dan sawi memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Selain dikenal sebagai sayuran pembangkit nutrisi, dalam satu cangkir daun bayam mentah mengandung 58 mcg asam folat, sedangkan dalam setengah cangkir daun bayam matang mengandung 131 asam folat. Lalu dalam setengah cangkir sawi rebus mengandung 52 mcg asam folat dan 46.4 mcg dalam secangkir sawi mentah.

4. Brokoli

Dalam brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, diantaranya vitamin C, vitamin K, vitamin A serta asam folat. Dalam satu porsi brokoli mengandung 57 mcg asam folat, saat dimasak kandungannya akan lebih tinggi, yaitu 84 mcg asam folat dalam setengah cangkir brokoli.

5. Telur

Menu sarapan sederhana ini ternyata punyai banyak kandunga yang bermanfaaty bagi tubuh, seperti protein, selenium, riboflavin, vitamin B12 serta asam folat. Dalam satu telur rebus mengandung 22 mcg asam folat.

6. Pisang

Pisang terkenal dengan kandungan potasium, serta tinggi akan karbohidrat sehingga dianggap sebagai buah yang mengenyangkan. Buah ini juga sering dikonsumsi oleh orang yang rutin latihan fisik atau olahraga karena cukup praktis namun tetap mengenyangkan.

Dalam satu buah pisang ukuran sedang mengandung 24 mcg asam folat.

7. Bit

Bit merupakan salah satu akar-akaran yang disebut-sebut punyai manfaat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Ternyata bit juga merupakan sumber asam folat yang baik, satu cangkir bit mentah yang setara dengan 136 gram, mengandung 148 mcg asam folat.
Selain itu, buah yang berwarna merah keungu-unguan ini jug amengandung banyak potasium dan vitamin C.

8. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, mikronutrien penting yang punyai fungsi membantu meningkatkan kekebalan dan membantu mencegah berbagai penyakit, jeruk juga mengandung asam folat. Satu jeruk besar dapat mengandung 55 mcg asam folat. Selain itu, mengonsumsi buah ini dalam jumlah tinggi dapat mengurangi risiko kanker payudara, perut dan pankreas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat ibu hamil sayuran
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top