Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede Pangrango terbakar/Instagram
Travel

Kebakaran Gunung Gede, Edelweis dan 3 Hektare Lahan Terbakar

Novita Sari Simamora
Selasa, 19 September 2023 - 15:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pihak Taman nasional Gunung Gede Pangrango mengungkapkan ada sekiyat 100 orang yang masih berada di Alun-alun Suryakencana.

"100 orang masih berada di Alun-Alun Suryakencana untuk pengamanan, memastikan kebakaran dan potensi kebakaran benar-benar tereliminir," Kepala BBTN Gunung Gede Pangrango, Sapto Aji Prabowo, Selasa (19/9/2023).

Sebagai informasi, Alun-alun Suryakencana di Gunung Gede sempat mengalami kebakaran, pada Senin (19/9/2023). Berdasarkan pemantauan CCTV, muncul kepulan asap yang tidak terlalu besar.

Setelah melihat CCTV dengan kepulan asap, maka pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) melakukan koordinasi untuk menggerakan personel yang dekat di wilayah tersebut. Pada pukul 14.30 WIB, tim BBTNGGP telah tiba di lokasi dan secara paralel, penyiapan bantuan dan kegiatan pasca pemadaman.

Tim BBTNGGP, masyarakat, dan tim bersih gunung melakukan mobilisasi awal untuk penanganan awal di titik api Suryakencana. Relawan itu terdiri dari anggota komunitas Trashbag, Mapal UI, Mapala UNJ, dan World Clean Up Day (WCD) yang turut berpartisipasi aktif sebagai peserta kegiatan Acara Aksi Bersih Revolusi Mental.

Sapto mengatakan perkiraan luas area yang terbakar mencapai 3 ha, dengan vegetasi yang terbakar adalah rumput, Edelweis, dan Cantigi yang berada di lokasi mengarah lereng Gunung Gumuruh.

In***ht mengatakan "ternyata luas juga yang terbakar, sampai hektare. Kalau perbuatan manusia semoga segera diusut."

lap**nt2 mengetik di Instagram BBTNGGP "Alhamdullilah, terima kasih tim yang sudah membantu memadamkan api."

ze**tuy mengatakan "Semoga Gunung Gede Pangrango dan Suryakencana baik-baik saja, jangan kendor para petugas. Semangat, kalian luar biasa dan sehat selalu dalam lindungan Allah."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro