Ilustrasi/Authoritynutrition
Health

Makanan-Makanan yang bisa Mencegah Rasa Ngantuk

Redaksi
Selasa, 26 September 2023 - 12:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rasa kantuk bisa datang kapan saja. Tidak hanya saat malam hari di waktu tidur, tetapi juga di pagi hari atau saat beraktivitas.

Dilansir dari Healthline, jika terbangun hampir setiap pagi dengan kelelahan, tubuh Anda mungkin mencoba memberi tahu sesuatu, seperti kekurangan energi. Anda perlu melihat kualitas dan kuantitas tidur yang Anda dapatkan dan cara mengisi energi pada tubuh setiap hari.

Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membuat Anda tidak kelelahan dan mencegah rasa kantuk. Namun, ada makanan yang mungkin memperburuknya. Salah satunya adalah makanan olahan dengan tambahan gula.

Dilansir dari Healthy Sleep, beberapa orang mungkin akan menikmati secangkir kopi untuk kedua kalinya atau minuman berenergi saat siang hari. Namun, minuman tersebut terkadang bisa menyebabkan gangguan di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan dan dapat mencegah kantuk.

1. Alpukat

Alpukat memiliki banyak mengandung nutrisi seperti vitamin B, potasium, dan serat. Alpukat juga mengandung lemak yang terbukti memberi energi. Tidak seperti lemak jenuh, lemak sehat mengandung protein penting dan berperan membantu melawan rasa lelah.

2. Cokelat

Cokelat hitam merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik dan meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan aliran darah membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Cokelat hitam juga mengandung sedikit kafein yang memungkinkan meningkatkan energi secara stabil.

3. Gandum

Biji-bijian utuh, seperti oatmeal, dicerna dengan lambat dan memberikan pasokan energi yang stabil. Gandum adalah karbohidrat rendah glikemik dan mengandung nutrisi seperti niasin, thiamin, dan folat yang bekerja sama untuk membantu tubuh melakukan metabolisme energi.

4. Kacang almond

Almond kaya akan magnesium yang dapat membantu arteri rileks dan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Kelelahan umumnya dikaitkan dengan sirkulasi yang buruk. Selain itu, kacang almond mengandung protein tingkat tinggi untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari.

5. Sayuran berdaun gelap

Zat besi merupakan nutrisi penting bagi tubuh, terutama jika Anda ingin tetap fokus. Zat besi meningkatkan sirkulasi sel darah merah yang dapat membantu merasa lebih waspada dan meningkatkan tingkat konsentrasi.

6. Ikan berlemak

Ikan berlemak merupakan sumber protein yang sangat baik dan mengandung vitamin B untuk membantu melawan rasa kantuk secara alami.

7. Buah beri

Buah beri, termasuk blueberry, raspberry, dan blackberry, adalah camilan sempurna untuk membantu Anda bertenaga sepanjang hari. Rasa manis alaminya dapat membantu mengekang keinginan akan gula.

8. Pisang

Pisang mengandung tiga jenis gula berbeda, yakni fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Pisang menyerap ke dalam darah dengan kecepatan berbeda. Hasilnya, Anda mendapatkan peningkatan energi dengan cepat tanpa mengalami penurunan segera setelahnya. Sukrosa dalam pisang membantu menjaga kadar glukosa Anda tetap stabil.

9. Beras merah

Beras merah lebih sedikit diproses dan mempertahankan lebih banyak nilai gizi dari serat, vitamin, dan mineral. Ini adalah pilihan makanan saat Anda merasa mengantuk atau lesu karena tubuh menyerap karbohidrat kompleks lebih lambat dibandingkan gula sederhana dan olahan. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro