Summarecon Villaggio Outlet di kawasan Summarecon Emerald Karawang. /dok SMRA
Travel

Summarecon Segera Buka Luxury Outlet Pertama di Karawang

Yanita Petriella
Senin, 2 Oktober 2023 - 22:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) akan segera membuka pusat perbelanjaan Summarecon Villaggio Outlet di kawasan Summarecon Emerald Karawang pada pekan pertama bulan Oktober ini.

Adapun, Summarecon Villaggio Jakarta merupakan luxury outlet pertama di Indonesia. Premium outlet ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan kelas menengah dan menengah atas untuk memiliki beragam luxury brand

Konsep Villaggio dibuat seperti luxury outlet di luar negeri seperti Johor Premium Outlets Malaysia, Siam Premium Outlets Thailand, Gotemba Premium Outlets Jepang, Hyundai Premium Outlets Korea Selatan, dan lainnya.

Dengan kehadiran luxury outlet pertama di Indonesia, maka konsumen tidak perlu pergi jauh untuk berbelanja barang branded. Bagi pencinta luxury brand, Villaggio akan menghadirkan lebih dari 100 tenant yang menyediakan produk fesyen orisinal dengan harga spesial atau di bawah harga butik. 

Manajemen SMRA mengatakan Summarecon Villaggio Outlets memiliki konsep single level yang memudahkan pengunjung untuk mencari brand dituju. Konsep outlet ini juga mengadaptasi open air design yang cocok dengan konsep setelah pandemi. Dengan sentuhan nuansa Eropa yang unik Summarecon Villaggio Outlets menjanjikan akan membuat experience belanja masyarakat jadi berbeda.

Summarecon Villaggio Outlets ini menghadirkan produk yang dipersiapkan oleh brand dengan standar kualitas outlet berbeda dengan kualitas butik atau produk musim sebelumnya (previous season). Adapun merek yang dihadirkan diantaranya Furla, Aigner, Calvin Klein, Tommy Hilfiger, Braun Buffel, Bonia, Lacoste, Vans, Puma, New Balance dan lainnya.

“Summarecon Villaggio Outlets buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Dalam rangka periode opening, Summarecon Villaggio Outlets memberikan penawaran diskon mulai dari 35 persen – 70 persen setiap harinya,” ujar manajemen SMRA dalam keterangan resmi, Senin (2/10/2023). 

Adapun, lokasi authentic outlet Summarecon Villaggio Outlets ini hanya 10 menit dari exit toll pintu Karawang Timur. Summarecon Villaggio Outlets dapat dengan mudah dijangkau dari Jakarta dengan menggunakan tol layang MBZ Jakarta – Cikampek.

Keputusan Summarecon membuka luxury outlet di Karawang ini karena kawasan ini merupakan salah satu kota industri terbesar di Tanah Air yang dihuni sekitar 1.382 pekerja asing sebelum pandemi Covid-19 dan meningkat pada 2019 sebanyak 3.500 orang. Banyaknya investasi asing yang masuk ke Tanah Air dan berada di Karawang sehingga berdampak pada perubahan taraf hidup warga sekitar.

Variasi pekerja di Karawang semakin meningkat dengan jenis perusahaan yang semakin banyak seperti industri otomotif berbahan bakar konvensional hingga electric vehicle di Karawang, ditambah lagi dengan pembangunan data center di Karawang seperti data center H2 milik DCII dan Grup Salim BDx Indonesia, perusahaan joint venture antara Big Data Exchange (BDx), PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison), dan PT Aplikanusa Lintasarta.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Yayat Supriatna berpendapat pesona Karawang memang makin memikat dengan adanya konektivitas infrastruktur seperti jalan Tol Jakarta – Cikampek, Tol Layang Jakarta – Cikampek (MBZ),  Tol Jakarta – Cikampek II, dan Tol Lingkar Luar II Sentul – Karawang Barat ini membuat koneksi antar wilayah menuju dan dari Karawang juga semakin mudah dan telah terbukti makin singkat. Apalagi, ke depan rencananya pemerintah membuat pemberhentian stasiun kereta cepat Jakarta – Bandung (KCJB) di Karawang.

“Memang menuju Karawang ke depannya akan sangat cepat, bahkan bisa ditempuh hanya 10 menit dengan naik kereta cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Karawang,” katanya.

Dengan kemudahan mobilitas warga Jabodetabek menuju Karawang ini akan menjadikan kawasan Karawang sebagai destinasi liburan akhir pekan. Dia meyakini kawasan Karawang ini akan ramai dikunjungi. Hal ini menjadi potensi pemasukan daerah bagi pemerintah setempat. Terlebih, Upah Minimum Regional (UMR) Karawang 2023 adalah sebesar Rp5.176.179 atau tercatat sebagai UMR tertinggi se-Indonesia.

“Sekarang, mencari destinasi belanja, tempat menginap sudah banyak di Karawang. Wilayahnya tengah berkembang, lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Jakarta,” ucapnya.

Ditambah lagi, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat dan stabil, dengan pertumbuhan positif di atas 5 persen memberikan dampak positif pada pasar ritel. Optimisme ini juga mendukung brand internasional untuk membuka konsep outlet di Indonesia.

Beberapa tahun terakhir, penggunaan barang-barang premium masyarakat mengalami peningkatan signifikan. Berdasarkan survei perusahaan riset pasar asal Prancis Ipsos, pada September – November 2022 Indonesia menempati peringkat kelima dunia dalam kesediaan mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli barang bermerek. Hal tersebut dilakukan masyarakat untuk meningkatkan citra.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro