Ekstrak Kelor, Alternatif Baru Potensi Sembuhkan Alzheimer
Health

Ekstrak Kelor, Alternatif Baru Potensi Sembuhkan Alzheimer

Choirul Anam
Sabtu, 7 Oktober 2023 - 04:10
Bagikan

Bisnis.com, MALANG — Esktrak daun kelor menjadi alternatif baru yang berpotensi menyembuhkan alzheimer dan memperbaiki fungsi kognitif mengacu hasil sementara penelitian Universitas Brawijaya.

Anggota Tim riset,  Adi Kurnia Soesantyo (Kimia, FMIPA), mengatakan kolaborasi mahasiswa Departemen Kimia dan Pendidikan Dokter Universitas Brawijaya melakukan riset optimasi ekstrak bahan alami sebagai obat pereduksi alzheimer. Ekstrak bahan alami yang diteliti yakni daun kelor.

 “Saat ini obat alzheimer yang tersebar luas di pasaran memiliki efek samping tersendiri bagi pasien yang memiliki komplikasi, selain itu obat alzheimer masih belum dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat,” ujar Adi, Jumat (6/10/2023).

Tim riset terdiri atas Adi Kurnia Soesantyo (Kimia, FMIPA), Jonathan Linggadiputra (Kimia, FMIPA), Gustav Dasa Sitompul (Pendidikan Dokter, FK) dan Farahiyah Sharfina Saputri (Pendidikan Dokter, FK). 

Mereka dibawah bimbingan Husnul Khotimah, mengembangkan suatu inovasi Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera) Terenkapsulasi Nanopartikel Emas (MO-AuNP) untuk diuji coba pada Tikus Model Alzheimer Disease (AD). Penelitian ini didanai oleh Kemdikbudristek dan Universitas Brawijaya melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta 2023.

Alzheimer’s disease (AD) merupakan salah satu tipe demensia yang paling banyak diderita masyarakat dunia dimana para penderita penyakit ini akan mengalami penurunan fungsi kognitif serta perilaku secara progresif. 

Menurut dia, berdasarkan laporan WHO, diketahui bahwa terdapat 55 juta penderita AD dimana lebih dari 120 ribu diantaranya meninggal dunia dan diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai 10 juta kasus baru per tahunnya. 

Sedangkan di Indonesia, pada 2020 diketahui terdapat lebih dari 1,3 juta penderita AD dan diprediksi akan meningkat hingga 3,8 juta penderita pada tahun 2048.

Menurut Adi, AD paling banyak disebabkan adanya penumpukan Amiloid Beta pada sistem saraf otak. Molekul protein ini diproduksi melalui pemrosesan proteolitik protein transmembran, protein prekursor amiloid (APP), oleh β- dan γ-sekretase

“Pada penelitian ini kami membuat Tikus Model Alzheimer yang diinduksi dengan Amyloid Beta, lalu kami induksikan kembali secara rutin dengan obat ekstrak kelor terenkapsulasi emas buatan kami. Selanjutnya kami melakukan beberapa uji terhadap tikus, terutama adalah uji tingkah laku kognitif tikus,” ujarnya.

Pada hasil penelitian diperoleh bahwa ekstrak kelor nanopartikel emas (MO-AuNP) akan lebih mudah diserap darah menuju sistem saraf dibandingkan ekstrak tanpa dienkapsulasi dalam ukuran nano. 

Selain itu obat yang diinovasikan terbukti mampu meningkatkan kondisi kognitif tikus dan juga mengurangi plak amyloid beta. Di lain sisi, selain memiliki efek yang menjanjikan, melalui prediksi Adsorbsi dan tingkat toksisitas obat, diprediksi MO-AuNP ini memiliki kondisi toksisitas obat yang rendah, namun penyerapan dan pengikatan protein yang tinggi menuju Sistem Saraf Pusat (SSP).

“Obat ini sedang dalan tahap pengembangan, masih banyak evaluasi dan langkah yang harus ditempuh, agar obat siap pakai dan dapat digunakan oleh masyarakat luas. Kami berencana pengembangan obat ini tidak hanya berhenti pada skala lab dan pada program PKM ini, namun akan terus dikembangkan dan dioptimasi,” tambah Gustav selaku salah satu peneliti.

Farah, anggota penelitian yang lain melanjutkan pernyataan Gustav bahwa penelitian ini memang sedang dalam tahap pengembangan dan harapannya bisa menjadi alternatif obat yang bisa diakses seluruh masyarakat dengan efek samping minim.

“Meskipun masih penelitian dan masih dalam tahap pengembangan, harapannya nanti obat ini akan dapat dioptimasi lebih lanjut dan digunakan oleh masyarakat Indonesia, sebab obat ini akan bisa menjadi alternatif obat yang baik dan minim efek komplikasi,” imbuh Farahiyah

Dengan penelitian ini diharapkan bisa memudahkan treatment pada penderita alzheimer di Indonesia dan sebagai bentuk nyata kontribusi mahasiswa Universitas Brawijaya untuk penanggulangan darurat alzheimer di Indonesia saat ini. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro