Hadiah Nobel/Istimewa
Entertainment

Ini Dia Daftar Lengkap Pemenang Penghargaan Nobel 2023

Mutiara Nabila
Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Musim Penghargaan Nobel kembali tiba di setiap Oktober. Komite di Swedia dan Norwegia telah menetapkan pemenang dari berbagai bidang seperti sains, sastra dan ekonomi, serta pekerjaan perdamaian.  

Totalnya ada enam penghargaan yang diberikan. Para pemenang akan menerima medali dan diploma Penghargaan Nobel di Stockholm pada Desember mendatang.  

Pada penghargaan tahun lalu melibatkan 15 pemenang dari 2020 dan 2021 yang menerima diploma dan medali di negara asalnya masing-masing karena pandemi virus corona.

Enam Hadiah Nobel diberikan setiap tahun, masing-masing untuk memberkan penghargaan kepada kontribusi inovatif individu atau organisasi dalam bidang tertentu.  

Penghargaan diberikan untuk karya fisiologi atau kedokteran, fisika, kimia, ilmu ekonomi, sastra dan perdamaian, yang sering kali menarik perhatian karena kualitas orang dan kelompok yang dicalonkan.

Tahun ini, Komite Nobel menyebutkan ada 351 kandidat penerima Hadiah Nobel Perdamaian. Jumlah kandidat kali ini merupakan yang terbanyak kedua setelah 2016, ketika ada 376 kandidat dicalonkan.  

Penerima Hadiah Nobel Perdamaian sebelumnya termasuk Kailash Satyarthi dan Malala Yousafzai (2014), Presiden Barack Obama (2009), Nelson Mandela dan F.W. de Klerk (1993), Dalai Lama ke-14 Tenzin Gyatso (1989) dan Bunda Teresa (1979).

Berikut ini para pemenang penghargaan Nobel tahun ini:

1. Penghargaan bidang fisiologi atau kedokteran diberikan kepada Katalin Kariko dan Drew Weissman pada 2 Oktober, atas penemuan mereka yang mengawali pengembangan vaksin dengan teknologi mRNA yang efektif melawan Covid-19 dan bisa dijadikan pedoman untuk pengembangan vaksin lainnya. 

2. Penghargaan bidang fisika diberikan kepada tiga ilmuwan Pierre Agostini, Ferenc Krausz dan Anne L’Huillier atas karya mereka tentang elektron, teknik yang menghasilkan getaran cahaya attodetik, yang memungkinkan studi mendalam tentang dinamika elektron dalam materi, terutama pada atom dan molekul.

3. Penghargaan bidang kimia diberikan kepada Moungi G. Bawendi, Louis E. Brus dan Alexei I. Ekimov atas penemuan dan pengembangan titik kuantum, nanopartikel yang sangat kecil sehingga ukurannya menentukan sifat-sifatnya.  

4. Penghargaan bidang sastra dianugerahkan kepada penulis Norwegia Jon Fosse "atas drama dan prosa inovatifnya yang menyuarakan hal-hal yang tidak dapat diungkapkan" dalam beragam karya yang mencakup genre, termasuk drama, novel, puisi, esai, buku anak-anak, dan terjemahan.

5. Penghargaan atas upaya perdamaian diberikan kepada Narges Mohammadi, seorang aktivis Iran yang dipenjara, atas perjuangannya melawan penindasan terhadap perempuan di Iran dan perjuangannya untuk mempromosikan hak asasi manusia dan kebebasan manusia. 

6. Penghargaan untuk ilmu ekonomi diberikan kepada Claudia Goldin, seorang profesor Harvard, atas penelitiannya yang mengungkap alasan perbedaan dalam partisipasi angkatan kerja dan pendapatan bagi perempuan.  Dia adalah wanita ketiga yang memenangkan Nobel Ekonomi.  

Pemenang akan menerima diploma Hadiah Nobel, medali Hadiah Nobel dan dokumen yang merinci jumlah Hadiah Nobel. Tahun ini hadiah yang dibagikan adalah 11 juta krona Swedia, atau sekitar US$989.000 atau setara dengan sekitar Rp15 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro