Ilustrasi madu yang ternyata bermanfaat sebagai obat alternatif/Freepik.com
Health

20 Jenis Makanan Alami yang Bagus Jadi Obat Flu dan Batuk

Redaksi
Kamis, 12 Oktober 2023 - 15:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cuaca ekstrim dan polusi yang mengakibatkan orang sakit flu. Simak makanan dan minuman yang bisa menjadi obat flu dan batuk alami.

Penyakit virus yang disebabkan batuk dan hidung tersumbat. Orang yang mengalami sakit flu lebih sering menyukai makanan cepat saji yang rasanya lezat. Namun, makanan cepat saji tidak menunjang nutrisi yang dibutuhkan saat sakit.

Pilihan makanan yang benar dapat menjaga kekebalan tubuh dan perlahan mengobati sakit flu yang dirasa. Berikut 20 makanan yang bisa menjadi pilihan saat sedang sakit pilek atau flu.

1. Sup Ayam

Sup ayam tidak hanya menyediakan cairan yang diperlukan untuk membantu melawan virus, tetapi juga mengurangi peradangan yang memicu gejala dan menyebabkan lebih banyak pilek.

Sup mie ayam adalah sumber natrium dan kalium yang baik, dan kaya akan nutrisi yang membangun kekebalan tubuh. Wortel, seledri dan bawang bombay menyediakan vitamin A dan C, sedangkan daging ayam, mengandung banyak protein dan seng. Selain itu, cairan hangat menenangkan tenggorokan dan dapat membantu meredakan hidung tersumbat. 

2. Jeruk

Vitamin C paling banyak ditemukan pada buah jeruk, merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dapatkan dosis dari suplemen atau dari buah jeruk yang kaya vitamin, paprika merah, brokoli, kubis Brussel, butternut squash, pepaya, ubi jalar dan tomat.

3. Bawang Putih, Bawang Merah dan Daun Bawang

Menikmati makanan pedas bersama dengan bawang bombay, daun bawang dan daun bawang yang bersifat antivirus untuk melawan flu yang mengganggu. Bahan-bahan ini membantu sel pembunuh alami membersihkan tubuh dari penyerang.

Bawang putih, khususnya, mengandung allicin, yang dikaitkan dengan sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiparasit dan antioksidan. Makanan ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik dan dapat membantu meningkatkan fungsi penghalang usus. 

4. Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk mengatasi flu berkat zat yang disebut seskuiterpen, yang secara khusus menargetkan rhinovirus, serta zat yang menekan batuk. Jahe juga mengandung gingerol anti inflamasi yang dapat melawan infeksi.

Jahe bisa menjadi obat flu dan batuk alami
Jahe bisa menjadi obat flu dan batuk alami

5. Madu

Madu melapisi tenggorokan, ini adalah salah satu makanan terbaik untuk pilek dan sakit tenggorokan, dan sifat antioksidan serta antimikroba alaminya membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur.

Madu juga dapat membantu mengurangi frekuensi batuk serta meningkatkan fungsi pernapasan bagian atas bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur.

6. Kefir

Kefir mengandung probiotik yang memperkuat sistem kekebalan tubu dengan lebih banyak protein daripada yogurt dan susu, ini juga mengatur pencernaan, memungkinkan tubuh untuk benar-benar menggunakan semua kalori dan nutrisi yang dikonsumsi saat merasa tidak enak badan.

Manfaat kefir bagi kesehatan
Manfaat kefir bagi kesehatan

7. Kacang Brazil

Satu ons kacang Brazil mengandung selenium jauh melebihi nilai harian yang direkomendasikan, mineral yang membantu meningkatkan kekebalan. Memiliki cukup selenium dalam tubuh akan meningkatkan produksi sitokin, yang membantu menghilangkan virus flu.

8. Anggur Merah

Resveratrol dan polifenol dalam anggur merah bekerja dengan cara yang sama seperti bakteri menguntungkan dalam yogurt. Ketika virus flu dan pilek memasuki sistem tubuh, mereka mulai berkembang biak, dan senyawa ini mencegah hal tersebut terjadi.

Anggur merah bisa menjadi obat batuk
Anggur merah bisa menjadi obat batuk

9. Jamur

Meskipun jamur telah lama menjadi bahan pokok dalam pengobatan Tiongkok, jamur kini memiliki manfaat pada pengobatan modern. Kemungkinan besar tanaman  tersebut memiliki khasiat antivirus dari kandungan vitamin D-nya yang kaya. 

Mereka menghasilkan sitokin , protein seluler, yang membantu melawan infeksi. 

10. Karbohidrat

Mengonsumsi karbohidrat saat berlatih membantu melawan disfungsi kekebalan tubuh dan respons peradangan kekebalan tubuh akibat hormon stres yang dilepaskan selama olahraga berat. Karbohidrat tersebut membantu tubuh Anda tetap kuat dan melawan gejala flu.

Namun ada satu catatan, pilihan rendah serat dan rendah lemak seperti pretzel, biskuit asin dan roti panggang putih semuanya mudah dicerna jika tidak bisa membatasi makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro